WR II Unand Ajak Masyarakat Disiplin Terapkan Prokes

16 April 2021
Penyerahan Secara Simbolis Bantuan Pemprov oleh WR II Penyerahan Secara Simbolis Bantuan Pemprov oleh WR II Universitas Andalas

Padang (Unand) – Memasuki hari ketiga Ramadhan 1442 H, Wakil Rektor (WR) II Universitas Andalas Prof. Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid) 19.

Hal itu disampaikannya saat memimpin tim safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ke Masjid Nurul Ihsan Wisma Bunda Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang pada Kamis (15/4).

Disampaikannya virus ini memiliki tingkat penularan yang cukup tinggi sehingga perlu dilakukan upaya untuk perlindungan kesehatan masyarakat agar tidak terjadinya penyebaran yang semakin meluas.

Ia juga mengapresiasi Masjid yang belum memakai karpet, dan jamaah yang 90% sudah memakai masker.

Dijelaskannya masker bisa mencegah penularan 60%, usahakan jangan dilepas terutama ketika berada diruangan umum, mencuci tangan selama 20 detik serta menjaga jarak paling kurang 2 meter.

Prof. Wirsma juga mensyukuri Pemerintah sudah mulai melakukan vaksin, ia juga mengingatkan masyarakat yang belum divaksin untuk segera mendaftar, sebab meskipun nanti terkena penyakit ini setelah divaksin itu tidak akan menimbulkan dampaknya yang berat bagi penderitanya.

Dalam safari ini, Pemerintah Provinsi Sumbar juga memberikan bantuan untuk kelangsungan pembangunan Masjid sebesar Rp.20.000.000,- yang diserahkan secara simbolis oleh WR II Universitas Andalas kepada pengurus.

Tergabung dalam tim ini Rektor Universitas Eka Sakti, Kepala BPKP Sumbar, Ka Ditjen Pembendaharaan Wilayah Sumbar, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, dan Kepala Dinas Kebudayaan.

Selain menyerahkan bantuan, kegiatan ini dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Dr. Wakidul Qohar, MA Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Datuak Sampano Kayo mengucapkan terima kasih kepada Wakil Rektor II Universitas Andalas yang memimpin safari Ramadhan Provinsi Sumbar yang telah memilih masjid ini untuk dikunjungi.

“Bantuan ini akan digunakan semaksimal mungkin untuk pembangunan masjid,” ungkapnya yang didampingi oleh Sekretaris Camat Kuranji.(*)

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 154 times