Pengumuman Hasil Seleksi D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi, akan di umukan selasa 03 Agustus 2021, mulai jam 09.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

4 Tahun Rumah Sakit Unand, Siap Berubah Status Jadi Tipe B

29 Maret 2021
Rektor Memotong Nasi Tumpeng Rektor Memotong Nasi Tumpeng Universitas Andalas

Padang (Unand) – Tepat hari ini (29/3) Rumah Sakit  Universitas Andalas sudah berusia empat tahun setelah dilakukannya soft launching oleh Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Prof. dr. Ali Gufron, Ph. D pada 29 Maret 2017 dan dilanjutkan grand opening pada 4 November 2017 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Direktur Rumah Sakit Dr. dr. Yevri Zulfiqar, SpB, SpU mengemukakan dalam perjalanannya Rumah Sakit Universitas Andalas sudah memperoleh akreditasi paripurna bintang 5 pada Desember tahun 2018 lalu, namun saat ini izin operational masih tipe C.

“Kedepan akan naik tingkat jadi tipe B, kalau diliat dari bangunannya minimal tipe B atau A,” ujarnya saat acara puncak perayaan ulang tahun Rumah Sakit pada Senin (29/3) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pada awal tahun 2018 parkiran masih sepi, kunjungan pasien waktu itu hanya mencapai 100 orang perbulan, mungkin karena jauh dan belum maksimal promosi, hingga sebelum pandemi kunjungan pasien sudah mencapai 250 orang pasien perhari.

Selama pandemi Rumah Sakit Universitas Andalas menjadi Rumah Sakit rujukan covid, yang pada awalnya diberi bantuan oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Padang dengan 12 tempat tidur hingga sekarang sudah menyediakan 77 tempat tidur.

“Dengan peran serta kita semua dan Laboratorium Fakultas Kedokteran, sekarang Rumah Sakit Universitas Andalas tidak hanya dikenal di Sumatera namun juga sudah dikenal ditingkat nasional dan sudah setara dengan Rumah Sakit PTN lainnnya di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH mengatakan selama 4 tahun berdirinya Rumah Sakit yang awalnya pada tahun 2017, tentu sebelumnya sudah dimulai prosesnya dan sudah banyak hal-hal yang dicapai.

Berbagai upaya telah dilakukan dalam proses akreditasi sehingga mencapai paripurna bintang 5 membawa konsekuensi optimalisasi pelayanan walaupun status Rumah Sakit masih tipe C.

Ia setuju dan mendukung secara keseluruhan upaya untuk meningkatkan perubahan status dari tipe C menjadi tipe B.

Disamping itu, Rektor juga berharap doa dan dukungan bersama dengan proses peralihan status Universitas Andalas nanti menjadi PTN BH tentu akan lebih memudahkan dalam pengelolaan Rumah Sakit kedepan terutama dari stuktur organisasi yang ada.

Dihari ulang tahun ini, Rumah Sakit Universitas Andalas juga menerima bantuan dari Bank Nagari 1 unit ambulance yang merupakan komitmen bersama terutama dalam memberikan layanan kesehatan.

Senada dengan itu, Dewan Pengawas Rumah Sakit Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS mengajak untuk berupaya membesarkan Rumah Sakit, sehingga Rumah Sakit ini menjadi Rumah Sakit rujukan tidak hanya di Sumatera Barat namun juga nasional.

Selain itu, Prof. Musliar juga menyampaikan hari ini orang tidak lagi berobat ke Rumah Sakit apalagi sekarang pandemi, maka dari pada itu, mari menjalankan pelayanan telemedicine, sehingga Rumah Sakit Universitas Andalas menjadi pelopor layanan telemedicine. (*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 445 times