Pengumuman Hasil Seleksi D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi, akan di umukan selasa 03 Agustus 2021, mulai jam 09.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

WR III Buka NUDC dan KN-MIPA Unand

27 Maret 2021
WR III Buka NUDC dan KN MIPA WR III Buka NUDC dan KN MIPA Universitas Andalas

Padang (Unand) - Dalam rangka persiapan lomba National University Debate Championship (NUDC) dan Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) yang diadakan rutin setiap tahun oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Universitas Andalas mempersiapkan tim terbaik untuk diterjunkan keajang bergengsi tersebut, guna memperoleh tim yang punya daya saing yang berlangsung 27-28 Maret 2021 di kampus Limau Manis, Padang.

Seleksi di Universitas Andalas dikemas dalam lomba NUDC dan KN-MIPA dilaksanakan secara online. Lomba diadakan agar mahasiswa merasakan atmosfer persaingan, sebagaimana layaknya kompetisi yang diadakan LLDIKTI.

Lomba NUDC dilaksanakan selama dua hari, 27-28 Maret, sementara KN-MIPA dilaksanakan pada 27 Maret 2021. 

Lomba NUDC dan KN-MIPA merupakan agenda rutin tahunan Kemendikbud. Pemenang pada tingkat universitas akan mengikuti karantina untuk mewakili Universitas Andalas pada tingkat wilayah yang akan dilaksanakan LLDIKTI X.  Kemudian, pemenang pada tingkat wilayah akan mewakili LLDIKTI Wilayah X ke tingkat nasional.

Subkordinator Minat, Bakat dan Penalaran Bagian Kemahasiswaan Universitas Andalas Doni Alfian menyebutkan pelaksanaan NUDC diikuti 19 tim, jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya diikuti oleh 12 tim. 

Sementara KN-MIPA 2021 diikuti 696 mahasiswa. "Terdiri dari bidang biologi diikuti 166 peserta, fisika 139, kimia 252, matematika 139, jumlah ini juga mengalami peningkatan lebih dari 100 persen dibanding 2020, yang hanya diikuti 281 peserta," kata Doni, pada (27/3) Sabtu.

Tim seleksi NUDC merupakan juri yang sudah memiliki pengalaman nasional dan internasional yang berasal dari Universitas Andalas dan universitas lainnya di Indonesia.

Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D meminta mahasiswa untuk mengerahkan kemampuan terbaik, sehingga bisa menjadi wakil universitas. "Pemenang lomba ukurannya jelas, siapa yang meraih nilai tertinggi," ujarnya.

Ditambahkannya Universitas Andalas tidak main-main dalam mengikuti lomba yang diadakan LLDIKTI. "Makanya kita mengadakan lomba tujuannya agar yang muncul peserta dengan kemampuan terbaik," tutupnya.(*)

Kemahasiswaan Unand

 

Read 371 times