Capacity Building Kewirausahaan Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik  KLIK disini
Toggle Bar

Dirjen Dikti Setujui Unand Jadi PTN BH

10 Maret 2021
Rektor bersama Gubernur Rektor bersama Gubernur Universitas Andalas

Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas mengungkapkan sudah menerima surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk disetujui menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Disetujuinya Universitas Andalas menjadi PTN BH setelah semua dokumen di evaluasi,” ungkap Rektor saat pertemuan dengan Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansyarullah dalam diskusi Arah Pembangunan Sumatera Barat ke depan pada Selasa (10/3) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dalam surat tersebut, usul Universitas Andalas menjadi PTN BH pada prinsipnya disetujui untuk proses lebih lanjut, Sebelum ditetapkannya Peraturan Pemerintah tentang Universitas Andalas sebagai PTNBH, Universitas Andalas masih tetap diselenggarakan sebagai Perguruan Tinggi Pengelola Keuangan Badan Layanan Umum (PTNBLU) dan belum diperkenankan menyelenggarakan kegiatan akademik dan non akademik secara otonom.

Disampaikannya pengusulan perubahan status ini sudah dimulai pada masa kepemimpinan Prof. Werry Darta Taifur, sejak tahun 2016 Universitas Andalas sudah melakukan persiapan dan membentuk tim transformasi menunju PTN BH.

Saat ini, sudah ada 12 PTN BH di Indonesia yakni Universitas Indonesia, Institute Teknologi Bandung, Institute Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Gajah Mada, Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Sebelas Maret.

Ada beberapa fleksibelitas ketika sudah berstatus PTN BH, dikatakan Rektor kalau PTN Badan Layanan Umum (BLU) hanya mendapatkan fleksibelitas dari sisi keuangan tetapi PTN BH tidak hanya dari sisi keuangan namun juga mendapatkan flesxibelitas pada sisi akademik dan juga managemen.

Transformasi status PTN BLU menjadi PTN BH merupakan upaya pemerintah dalam membangun ekosistem perguruan tinggi yang adaptif dalam menghasilkan sumber daya manusia unggul dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Otonomi yang diberikan kepada PTN-BH supaya perguruan tinggi bisa lebih gesit dan cepat dalam mencapai tujuannya yaitu menghasilkan sumber daya manusia unggul dan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Dalam pertemuan dengan Gubernur ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Hansastri dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta juga perwakilan Alumni.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 5175 times