Capacity Building Kewirausahaan Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik  KLIK disini
Toggle Bar

Unand dan PT. Moosa Genetika Farmindo Tandatangan PKS untuk Penyelenggaraan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

09 Maret 2021
Penandatanganan PKS antara PT. Moosa dengan Unand Penandatanganan PKS antara PT. Moosa dengan Unand Universitas Andalas

Padang (unand) – Universitas Andalas menandatangani Naskah Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Moosa Genetika Farmindo terkait Implementasi Magang Mahasiswa Bersertifikat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Senin (8/3) secara virtual.

PKS ini ditandatangani oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH bersama Direktur Utama PT. Moosa Genetika Farmindo dr. Ivan Rizal Sini Sp.OG       

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat di PT. Moosa Genetika Farmindo adalah salah satu bentuk pembelajaran di luar perguruan tinggi dalam upaya mewujudkan dan mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini merupakan tindak lanjut dari MoU Unand dengan PT. Moosa Genetika Farmindo sebelumnya pada 21 Juli 2020 di Kabupaten Solok.

Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri SH., MH dalam kesempatan ini menyatakan, melalui program magang bersertifikat mahasiswa tidak hanya mengandalkan pembelajaran teori yang diperoleh  dari kampus, tapi juga bisa melihat secara langsung aplikasi dilapangan.

Rektor menyatakan bahwa dari 8 program MBKM di luar perguruan tinggi yang digagas, dapat diimplementasikan oleh mahasiswa sesuai dengan passion  masing - masing dan manfaatnya bisa dirasakan oleh mahasiswa.

Contoh ketika mahasiswa melihat perbandingan atau memperoleh pengalaman saat magang, dapat memotivasi mereka untuk bisa membuka lapangan usaha sendiri. Karena setelah tamat ada 3 target yang diinginkan dari lulusan Unand yaitu melanjutkan studi, mendapatkan pekerjaan baik di dunia usaha atau pemerintah dan ketiga bisa membuka lapangan kerja sendiri.

Prof. Yuliandri juga menyatakan bahwa Unand juga melakukan kerjasama dengan perbankan, sehingga nanti bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha, pihak perbankan juga akan mendukung.

“Harapannya dengan terjalinnya kerjasama ini dengan PT Moosa Genetika Farmindo dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang tidak hanya punya kompetensi keilmuan tapi juga kompetensi praktisi kedepannya”, ujarnya.

Direktur Utama PT. Moosa dr. Ivan Rizal Sini Sp.OG mengungkapkan rasa terimakasih untuk Unand karena sudah menjadi bagian yang sangat erat dari perkembangan PT Moosa.

Ia juga menyatakan bahwa perekonomian di Sumbar cukup berkembang, dalam hal ini tidak lepas dari segi agriculture. 

“Kekuatan agriculture menjadi satu komponen utama perekonomian Sumbar, karena pariwisata yang mau tidak mau terhambat karena pandemi, tapi dengan ketahanan pangan yg luar biasa, baik peternakan/pertanian itu akan jadi kunci utama kita untuk bisa survive”, ungkapnya.

Pentingnya agriulture  dan juga pentingnya pembibitan di dunia agriculture ini menjadi kunci utama. “Kita mesti mmbuat industrialisasi dari agriculture ini berjalan dengan baik di Sumbar, dan ini tidak dapat dilakukan tanpa SDM”, lanjutnya.

“Saya antusias untuk bisa melihat bagaimana mahasiswa Unand dibekali bukan hanya dari sekedar ilmu pengetahuan yang sudah diajarkan di kampus tapi mereka juga bisa kreatif, memiliki jiwa wirausaha dan juga bisa menggali  potensi yang ada dalam dirinya.

“SDM yang diperlukan nanti bisa dipoles dan dibekali dengan kemampuan adaptasi dalam kondisi seperti ini. Kemampuan mereka untuk bisa survive dengan kompetensi, kita harapkan bisa maksimal dengan adanya kerja lapangan di PT. Moosa. Semoga kita bisa menjalin kerjasama yang produktif nantinya” tutupnya. (*)

 

 Humas dan Protokol Unand

 

 

Read 750 times