Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Gelombang II, akan di umukan sabtu 24 Juli 2021, mulai jam 15.00 WIB  KLIK Untuk lihat Detail
Toggle Bar

Raker Kemahasiswaan Unand Tekankan Pencapaian IKU Universitas

27 Januari 2021
Raker Kemahasiswaan Raker Kemahasiswaan Universitas Andalas

Padang (Unand) – Memasuki minggu keempat Januari tahun 2021 Kemahasiswaan Universitas Andalas mengadakan Rapat Kerja (Raker) yang diikuti oleh semua Wakil Dekan (Wadek) III seluruh fakultas, Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah bidang kemahasiswaan.

Raker ini berlangsung secara daring atau online dan juga luring pada Rabu (27/1) yang terpusat di Ruang Studio Lantai II Gedung Pusat Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kampus Unand Limau Manis Padang.

Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengemukakan kegiatan ini memberi makna penting dengan secara bersama-sama dapat mendengarkan pemaparan dari Wakil Dekan III, Kepala UPT Kewirausahaan, Kepala UPT Pusat Karir dan Konseling, dan Kepala UPT Asrama.

Disampaikannya kegiatan ini bertujuan untuk menjaring masukan dari semua fakultas atau unit terkait dengan pengembangan dan pengelolaan.

“Selain itu, juga untuk mensinergikan rencana kerja fakultas atau unit untuk mencapai target Indikator Kinerja Utama (IKU) universitas, dan mengkoordinasikan pemanfaatan sumberdaya yang terbatas dalam pelaksanaan program dan kegiatan,” ujarnya.

Selanjutnya, agar menghasilkan rencana kerja universitas, yang dijadikan basis dalam review anggaran (Rencana Kerja dan Anggaran fakultas atau unit yang dilakukan diakhir tahun, sebelum ditetapkan oleh Rektor dan disahkan oleh Dewan Pengawas (Dewas).

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan dalam masa Pandemi Covid-19 ini kegiatan mahasiswa pada semester ganjil dan genap 2020 dilakukan secara daring, sehingga banyak tantangan yang dihadapi dan membutuhkan inovasi-inovasi kreatif dalam penanganan kegiatan kemahasiswaan. 

“Dalam hal kegiatan dan aktivitas kampus yang dilakukan secara luring atau offline, dimohon agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” ungkap Rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D mengatakan kegiatan Raker ini menjadi sangat spesial karena semua kegiatan kemahasiswaaan diarahkan pencapaian kepada IKU universitas 

“Kita harus mampu membuktikan kegiatan-kegiatan tersebut harus beririsan dengan pencapaian IKU universitas,” tekannya.

Lebih lanjut, WR III mengatakan ini terkait juga dengan penerapan dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Andalas 

Bidang akademik sudah menyiapkan regularasi tentang implementasi MBKM di Universitas Andalas sedangkan tugas kemahasiswaan (Bidang III) menjadi backing vokal dari semua regulasi yang sudah disiapkan oleh bidang I.

Kampus merdeka dijelaskannya dalam menciptakan lulusan unggul Universitas Andalas tidak cukup dengan pertemuan di ruang kelas, mahasiswa diberi kebebasan untuk belajar di luar Prodi selama 3 semester.

Karena ini menyangkut kegiatan mahasiswa di luar Prodi, di luar kelas maka ini beririsan langsung dengan kemahasiswaan seperti KKN, kewirausahaan, membangun desa, project mandiri, kebencanaan, semuanya beririsan dengan aktivitas kemahasiswaan.

“Mari bangun bersama-sama sehingga bidang kemahasiswaan bisa memberikan kontribusi terbesar dalam kemajuan universitas jauh lebih baik kedepan dan memberi warna terhadap kemajuan daerah dan kemajuan peradaban,” harapnya.(*)

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 339 times