Pengumuman Hasil Seleksi D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi, akan di umukan selasa 03 Agustus 2021, mulai jam 09.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

82 Pejabat Struktural Unand Dilantik Jadi Jabfung

29 Desember 2020
Pelantikan Pejabat Fungsional Pelantikan Pejabat Fungsional Universitas Andalas

Padang (Unand) – Universitas Andalas melakukan penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional (Jabfung) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 28 Tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional dan Surat MenPAN-RB Nomor B/699/M.SM.02.22/2020 pada tanggal 4 November 2020 perihal Persetujuan Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Oleh karena itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH., MH melantik sebanyak 82 pejabat struktural eselon III dan IV menjadi jabatan fungsional pada Senin (28/12)  di Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Rektor mengatakan penyetaraan jabatan ini dilakukan merupakan salah satu kebijakan yang secara nasional dilaksanakan, hal ini merupakan bagian dari rangkaian dari reformasi birokrasi dalam penyederhanaan birokrasi pada instansi pemerintah dimana ada pengalihan jabatan struktural menjadi jabfung.

Pengalihan tersebut bertujuan untuk mewujudkan organisasi yang bisa tepat fungsi, tepat ukuran dan tepat proses untuk mendukung efektivitas penyelenggaraan pemerintahan terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

”secara prinsip, penyetaraan ini sangat baik sekali sehingga diharapkan fungsi – fungsi pelayanan baik kepada stakeholder dapat dilakukan,” ujarnya.

Rektor berpesan di hadapan seluruh pejabat fungsional yang hadir untuk dapat menyiapkan diri dan mendukung untuk pencapaian kinerja perguruan tinggi sesuai dengan indikator pencapaian kinerja perguruan tinggi. 

Meskipun kebijakan ini telah dilaksanakan, namun secara teknis pelaksanaan dan instrumen pendukungnya belum sepenuhnya dapat dilakukan. Namun, Rektor menegaskan saat ini pejabat fungsional yang baru dilantik tetap bekerja seperti biasanya sampai pada waktu yang belum ditentukan.

Ia menambahkan saat ini Universitas Andalas memiliki tuntutan pencapaian sasaran seperti meningkatkan lulusan yang berkualitas karena mahasiswa adalah stakeholder utama bagi kita, meningkatkan kualitas dosen, dan meningkatkan kualitas kurikulum serta pembelajaran

Untuk itu, Rektor menghimbau kepada pejabat yang baru dilantik untuk selalu tetap semangat bekerja dan mendukung untuk kemajuan Universitas Andalas.

”Ada hikmah yang kita ambil dari kebijakan yang kita lakukan, mudah-mudahan proses ini tidak mengurangi semangat dan niat kita bekerja,” tutur Rektor. 

Rektor menambahkan untuk pencapaian kinerja yang baik dibutuhkan koordinasi dalam tata kerja dalam melaksanakan tugas dan fungsi organisasi. 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 640 times