Universitas Andalas - Digital Financial Literacy 2021  KLIK untuk lihat Live Streaming
Toggle Bar

Kendalikan Covid 19, Unand Libatkan Semua Unsur Gagas Nagari Tageh

18 November 2020
Nagari Tageh Nagari Tageh Universitas Andalas

Solsel (Unand) – Berbagai upaya yang telah ditempuh oleh pemerintah pusat maupun daerah (Sumatra Barat) dalam hal memutus mata rantai penyebaran wabah corona virus disease (covid) 19 salah satunya Nagari Tageh.

Nagari Tageh merupakan konsep yang disusun oleh Universitas Andalas dengan melibatkan semua unsur yang ada di Nagari tersebut, baik TNI/Polri, alim ulama, niniak mamak, mahasiswa, dan juga pemuda.

Peluncuran Nagari Tageh ini berlangsung pada Selasa (17/11) di Nagari Kapau Alam Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan ditandai dengan penguntingan pita oleh Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno yang didampingi oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri, Pjs Bupati Solok Selatan Jasman Rizal, DPRD Solok Selatan, Dandim, dan Kapolres.

Gubernur secara khusus memberikan apresiasinya kepada Dr. dr. Andani Eka Putra, Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas beserta rekan-rekan yang telah menyusun dan membantu untuk mendorong pelaksanaan Nagari Tageh tersebut.

“Saya telah baca konsep Nagari Tageh yang disusun dr. Andani bersama rekan-rekan, dan saya setujui untuk dilaksanakan di Solok Selatan sebagai percontohannya,” ujar Gubernur.

“Ini sebagai bentuk kesiapan Nagari, dan seluruh unsur masyarakat dalam penanganan kasus pandemi Covid 19,” jelas Gubernur.

Menurutnya, pengendalian Covid 19 berbasis Nagari atau komunitas lebih mudah sehingga pemerintah terbantu dalam memutus mata rantai penyebarannya.

"Jika sukses, ini akan menjadi contoh bagi nagari-nagari lain di Sumbar,” tekannya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri berharap peluncuran program Nagari Tageh ini menjadi momentum dan juga langkah awal yang dapat dijadikan untuk mewujudkan kolaborasi dari semua unsur dalam melakukan berbagai kemajuan di masyarakat atau Nagari menghadapi era baru ke depannya.

Terjalinnya kolaborasi dari semua unsur yang ada baik pemerintah, TNI/Polri, tokoh masyarakat, pergururan tinggi dan unsur lainnya dalam melakukan berbagai aktivitas demi kemajuan.

Senada dengan itu, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal menyebutkan rencana pembentukan "Nagari Tageh" di daerah itu sebanyak tujuh nagari dan peluncuran dilakukan di Nagari Kapau Alam Pauh Duo.

"Kita berharap Nagari Tageh ini bukan hanya tageh dalam mengendalikan penyebaran COVID-19, tapi juga tageh dalam bidang sosial dan ekonomi," ujarnya.

Ia menambahkan dalam pembentukan Nagari Tageh dilakukan kerja sama dengan Universitas Andalas untuk melakukan pembinaan dan pembimbingan.

Tampak juga hadir Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas Dr. dr. Andani Eka Putra, Direktur Nagari Development Centre (NDC) Universitas Andalas Dr. Eri Gas Ekaputra, Komandan Kodim (Dandim) 0309/Solok, Letkol Arm Reno Triambodo, Kapolres Solok Selatan, AKBP Tedy Purnanto, Kajari Solsel M.Bardan, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Etna Estelita, Kadis Kesehatan Prop. Sumbar Arry Yuswandi, pengurus TP-PKK serta sejumlah OPD Propinsi dan kabupaten.

Disamping meninjau dan meresmikan rumah isolasi di Nagari Kapau Alam Pauh Duo, rombongan juga menghadiri Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan serta peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang digelar di obyek wisata Hot Water Boom Pauh Duo.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 862 times