Universitas Andalas - Digital Financial Literacy 2021  KLIK untuk lihat Live Streaming
Toggle Bar

BKSAP DPR RI Ajak Civitas Unand Mainkan Peran Diplomasi

13 November 2020
BKSAP DPR RI Goes to campus BKSAP DPR RI Goes to campus Universitas Andalas

Padang (Unand) - Kehadiran Badan Kerja Sama antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia di Universitas Andalas merupakan upaya untuk mengajak setiap kita memainkan peran terutama peran diplomasi.

Kunjungan ini menjadi bagian program BKSAP goes to campus untuk mensosialisasikan peran DPR RI khususnya BKSAP dalam menjalankan tugas dan fungsi diplomasi parlemen.

Kegiatan ini digelar secara daring dan luring yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Andalas dengan tema “BKSAP dan Tantangan Pandemi Covid 19” yang berlangsung di Ruang Senat Rektorat lantai IV Kampus Unand Limau Manis Padang pada Jumat (13/11).

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu cara efektif untuk memberikan wawasan global kepada generasi muda terkait diplomasi.

Menurutnya, diplomasi tidak hanya dilakukan Kementerian Luar Negeri atau Government to Government, semua pihak dapat melakukan peran diplomasi sesuai fungsinya.

Disamping itu, Mardani juga merasa bahagia bisa hadir di Universitas Andalas, universitas yang punya demikian besar peluang untuk maju.

Ia juga akan melanjutkan bagaimana kolaborasi diperiode yang akan datang salah satunya adalah program magang bagi mahasiswa Universitas Andalas khususnya Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional.

“Siapa yang ingin magang di BKSAP, sebab BKSAP mempunyai 4 Biro salah satunya Biro Internasional biasa persidangan di Inter Parlementary Union (IPU), parlemen yunani, ada yang regional Asean, Asia, ada yang bilateral, dan ada yang diplomasi anggota perlemen,” ujar Politisi dari Fraksi PKS ini.

Ia berharap kehadiran BKSAP goes to campus bisa menanam yang kedepannya akan tumbuh para diplomat, para intelektual dan orang-orang yang prestatif serta kontributif di Indonesia khususnya di Universitas Andalas.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH yang didampingi oleh Wakil Rektor III Ir. Insannul Kamil, Ph. D memberikan apresiasi BKSAP yang telah menyediakan waktu dan berkunjung untuk menyampaikan terkait esensi diplomasi.

“Banyak peran yang dilakukan tentu memberikan pemahaman kepada kita semua terutama diplomasi yang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga bisa dilakukan dalam bentuk dan kapasitas lain,” terang Rektor.

Rektor juga mengucapkan terimakasih dan berharap segala langkah serta upaya dalam pengembangan termasuk mendatangkan mahasiswa asing dari kawasan timur tengah, juga jadi tantangan terutama pengembangan Prodi nanti, juga akan bisa membuka kerjasama-kerjasama dalam rangka mengoptimalkan peran perguruan tinggi dalam konteks diplomasi.

“Tidak hanya pemerintah tetapi juga lembaga lain yang tentu tidak bisa diabaikan apalagi era sekarang menuntut peran serta semua bagaimana berkiprah dan juga mengambil peran dalam kehidupan demokrasi terutama dalam hubungan luar negeri,” ujar Rektor.

Senada dengan itu, anggota BKSAP Syahrul Aidi Mazaat yang juga ketua Group Kerja Sama Bilateral (GKSB) ingin membantu Universitas Andalas untuk bertemu dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Palestina yang ada di Indonesia.

Mudah-mudahan nanti ada warga negara Palestina yang belajar di Universitas Andalas ini,” ungkapnya.

Ia berharap wawasan mahasiswa dan civitas akademika bisa berkembang dan Universitas Andalas tidak lagi universitas yang andal di Indonesia tetapi menjadi universitas yang dikenal di dunia.

“Karena kita tahu Palestina merupakan salah satu fokus isue yang ada didunia, dengan keberadaannya disini akan memberikan keberkahan tersendiri apalagi Palestina adalah negara berkah,” pungkasnya.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 835 times