Pengumuman Hasil Seleksi D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi, akan di umukan selasa 03 Agustus 2021, mulai jam 09.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

Dies Natalis FE Unand ke 63 Digelar Secara Daring

01 Oktober 2020
Dies Natalis Fakultas Ekonomi Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Andalas

Padang (Unand) - Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Andalas memperingati hari lahir (Dies Natalis) yang ke 63 dengan mengelar Sidang Terbuka dan Orasi Ilmiah secara online melalui media live streaming.

Dies Natalis 63 tahun FE Universitas Andalas mengusung tema “Mendorong pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi”.  Dalam kegiatan ini, FEUA telah mengadakan berbagai jenis web seminar dan beberapa lomba untuk meningkatkan nalar dan kreatifitas mahasiswa.

Peringatan Dies Natalis dilengkapi dengan orasi ilmiah oleh Dr. Fajri Muharja, SE, M.Sc. dengan judul “Pandemi Covid-19 (Health Disaster), Perilaku Rumah Tangga dan Ekpektasi Ekonomi Pada Tatanan Berkehidupan Baru (New-Normal).

Dekan FE Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE., Ak., MPPM., CA., CRGP menyampaikan peringatan dies tahun ini yang digelar secara online merupakan pertama kali dilakukan dalam sejarah. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi berkumpulnya massa lebih dari 10 orang dan untuk memutus rantai penularan virus covid-19.

Sejak berdiri 63 tahun yang lalu, FE Universitas Andalas telah memperlihatkan perkembangan yang signifikan sampai dengan sekarang, memiliki 15 program studi yang terdiri dari 4 prodi diploma, 3 prodi sarjana, 3 prodi magister, 2 prodi doktor, 2 prodi sarjana di Kampus II Payakumbuh, dan 1 Program Profesi Akuntansi.

FE Universitas Andalas berupaya terus untuk meningkatkan rasio jumlah dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan mutu lulusan. “Sehingga per hari ini rasio student staff ratio 1:28,” ucap Dekan.

Lebih lanjut, Dekan menyampaikan jumlah dosen yang memiliki gelar Doktor relatif masih kecil namun memperlihatkan peningkatan yang signifikan menjadi 42% dari jumlah total dosen dan diharapkan dalam 4 tahun kedepan jumlah dosen yang bependidikan S3 sudah mencapai lebih dari 60%.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH. Rektor mengucapkan selamat dies natalis ke 63 Fakultas Ekonomi, dengan usia yang cukup matang tentu sudah banyak capaian dan hasil yang sudah dihasilkan serta juga peran serta kontribusi baik akademik dan non akademik termasuk dalam pembangunan bangsa dan negara ini.

“Mendorong pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi”.  Menurut Rektor,  tema ini merupakan salah satu bentuk wujud konkrit yang dilakukan FE Universitas Andalas di dalam kondisi pandemic covid-19 saat ini. 

Diungkapkannya Fakultas Ekonomi termasuk fakultas yang berkontribusi dan memberikan peranan dalam perkembangan Universitas Andalas, dengan 15 prodinya mulai diploma hingga doktoral yang tidak hanya ada di kampus utama tetapi juga di kampus Payakumbuh.

Diharapkan peningkatan semua dukungan dan juga termasuk sumber daya melalui berbagai program yang dilakukan ditingkat fakultas dan universitas maupun ditingkat kementerian mendorong semua dosen untuk peningkatan kualifikasi.

Lebih lanjut, Rektor mengharapkan empat tahun kedepan peningkatan sumber daya manusia dari Fakultas Ekonomi mesti dioptimalkan.

Dia meminta Dekan minimal 60% kedepan semua dosen sudah berkualifikasi Doktor (Dr) sedangkan yang sudah berkualifikasi Doktor didorong juga untuk memperoleh fungsional sebagai guru besar.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1716 times