Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Jalur Mandiri 2020  Klik tombol INFO JALUR MANDIRI
Toggle Bar

Fakultas Teknik Sebagai Pilot Project Pembangunan Zona Integritas di Unand

03 Jun 2020

Padang (Unand) – Fakultas Teknik Universitas Andalas di tunjuk sebagai Pilot Project Pembangunan Zona Integritas (ZI) di Universitas Andalas.  Penunjukan ini  berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Andalas no. 447 tanggal 24 April 2020. Fakultas Teknik sekaligus akan mewakili Unand untuk berkompetisi dalam rangka meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tingkat nasional pada tahun 2020 bersama 14 PTN lainnya yang ditunjuk Dikti.

Hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas, Prof. Dr.Eng Gunawarman saat rapat pimpinan Pencanangan Zona Integritas Universitas Andalas pada Rabu (3/6) di Convention Hall Universitas Andalas Kampus Limau Manis Padang yang juga diikuti oleh Plt. Dirjen Dikti, Prof. Ir.  Nizam, M.Sc, Ph.D melalui aplikasi Zoom. 

Sebagai institusi pemerintah, Fakultas Teknik menyambut baik amanah sekaligus kepercayaan ini. Fakultas Teknik berkomitmen untuk terus menerus melakukan perbaikan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik dan pencegahan terjadinya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Hal ini sesuai amanah peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, serta mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas. Sesuai dengan PermenPAN-RB Nomor 10 tahun 2019 tersebut, ada 6 pilar/standar utama yang perlu dibangun dalam rangka pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM ini yakni manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Lebih lanjut ia menjelaskan imlementasi 6 pilar ini harus tercemin pada tingkat kepuasan masyarakat terhadap pengelolaan fakultas yang diukur dari persepsi publik terhadap Fakultas Teknik. Pertama, tata kelola FT harus bersih dan bebas dari KKN, dan kedua, pelayanan publik harus sangat baik yang dibuktikan dari hasil survei terhadap para pengguna.

Untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan ini, atas arahan tim Stranas Dikti, kami sudah membentuk tim agenda perubahan, tim standar pelayanan dan tim kerja, yang ketiganya diperlukan sebagai langkah awal dalam membangun Zona Integritas. Anggota tim dipilih dan ditetapkan melalui kemanisme yang sesuai dengan standar ZI. 

Dapat kami sampaikan juga bahwa sebagian anggota tim sudah mendapat pembekalan melalui 3 kali FGD yang diselenggarakan oleh Dikti sebulan terakhir. Tim kerja juga menindaklanjuti dengan melakukan rapat koordinasi rutin, dan pembagian tugas kelompok untuk menyiapkan berbagai dokumen pendukung.

Tim juga sudah mulai melaksanakan kampanye dan sosialisasi, baik melalui media massa, maupun media sosial. Walaupun agak terkendala oleh Pandemi Covid-19 yang kita alami saat ini, namun kami Fakultas Teknik bertekad untuk menjadikan kendala ini sebagai tantangan agar predikat WBK/WBBM bisa diraih.

Tim ZI teknik Unand yang diketuai oleh Bapak Henmaidi, Ph.D dan dibantu oleh 8 kelompok kerja sedang berusaha keras memenuhi semua persyaratan untuk pembanunan zona integritas ini.

“Tidak ada pilihan lain, tim kerja harus bekerja keras dengan jadwal yang ketat. Usai acara pencanangan ini, tim harus segera menyiapkan diri untuk proses evaluasi. Besok, pagi sampai sore ada acara pendampingan penyusunan matriks LKE oleh Dikti, sebelum dievaluasi mandiri pada tanggal 18 Juni. Acara penilaian akhir oleh KemenPANRB dijadwalkan dalam bulan Juli mendatang”tutupnya.

Humas dan Protokol Unand

 

 

Read 478 times