LIVE STREAMING - Silaturahmi Idul Fitri 1441 H- Bersama Prof. Komaruddin Hidayat, MA. Ph.D (Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia)  Klik tombol LIVE STREAMING
Toggle Bar

Unand Luncurkan Program KKN Tematik Darurat Covid 19

20 Mei 2020
KKN Tematik KKN Tematik Universitas Andalas

Padang (Unand) - Universitas Andalas luncurkan program Kuliah Kerja Nasional (KKN) tematik “Darurat Covid” sebagai bentuk kepedulian dalam memberdayakan dan mengedukasi masyarakat untuk  mencegah penyebaran  Corona Virus Disease 19 (Covid 19). 

KKN  tematik ini dilaksanakan dalam 2 priode yaitu periode April - Mei 2020 mengusung tema “Tanggap Darurat Covid 19” yang diikuti oleh 1319 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Pertanian

Kepala UPT KKN Universitas Andalas Dr. Ir. Ujang Khairul, MP menyatakan mahasiswa melaksanakan KKN didaerahnya masing-masing baik secara perorangan atau kelompok kecil dan tidak mengumpulkan banyak orang (maksimal 5 orang) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid  yaitu menjaga jarak fisik (Physical Distancing) dan memakai masker. 

“Mahasiswa yang mengikuti program KKN dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang proses pembimbingan dan monitoring menggunakan sistem daring,” ungkapnya.

Program kerja yang dilakukan pada KKN priode April - Mei 2020 diantaranya menjadi relawan di Posko Covid/kantor wali nagari, pembuatan selebaran /spanduk/poster terkait Covid 19, edukasi masyarakat tentang pandemi Covid 19.

Kemudian juga pembuatan dan pembagian Hand Sanitizer, pembuatan alat cuci tangan automatik, pembuatan dan pembagian masker, pemanfaatan tanaman lokal dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan penggalangan dana serta penyalurannya ke masyarakat terdampak.  

Lebih lanjut, dikatakannya untuk periode KKN Juli - Agustus 2020 akan diikuti oleh 2.900 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas ISIP, Fakultas Farmasi dan Fakultas Teknologi Informasi serta Fakultas Kedokteran Gigi dengan tema “Bakti Untuk Nagari”.

Ia juga mengatakan beberapa program kerja yang akan dilakukan adalah pembuatan selebaran/spanduk/poster terkait Covid 19, edukasi masyarakat tentang pandemi Covid 19, penyusunan profil dan pembaharuan peta  nagari, pemanfaatan pekarangan dengan tanaman obat dan sayuran.

Lalu, melakukan sosialisasi dan pelatihan pertanian organik, sistim hidroponik menggunakan botol bekas, dan pembuatan pupuk kompos, sosialisasi nagari sadar hukum.

Selanjutnya pelatihan pembuatan selai jahe, permen jahe dan  gula semut, penggalangan dana serta penyalurannya ke masyarakat serta pembinaan UMKM  dan koperasi nagari.

“Semoga pelaksanaan KKN Tematik Universitas Andalas tahun ini memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi pandemic Covid-19”, tutupnya.

UPT KKN Unand

Read 360 times