Launching Produk Riset PPTI-Unand Virgin Coconut Oil (VCO)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Sambangi Eropa, Unand Bawa Misi Internasionalisasi

14 November 2019

Slovakia (Unand) - Rektor Universitas Andalas (Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA) memimpin tim yang terdiri dari Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama (Dr. Endry Martius, M.Sc), Kepala UPT Layanan International (Vonny Indah Mutiara, PhD), Sekretaris UPT. Layanan International (Donny Eros, M.A) dan Kasubag UPT. Layanan International (Beti Febriola, M.Si) dalam rangkaian perjalanan dinas ke Eropa pada tanggal 19-26 Oktober 2019 yang lalu. 

Perjalanan ini mengemban misi Internationalisasi yang antara lain mengambil bentuk penguatan MoU, penyusunan draft MoA dan International Credit Mobility program dengan KBRI dan beberapa Universitas di Slovakia dan Austria.

Delegasi Universitas Andalas ini memulai misinya dengan mengunjungi Matej Bel Unversity di Kota Banska Bystrica yang terletak ditengah negara Slovakia dan terkenal dengan sejarah tambang tembaga dan perak serta museum pemisahaan Cheko dan Slovakia pasca Perang Dunia ke-2. 

Delegasi disambut dengan sangat ramah oleh pihak Matej Bel University yang diwakili oleh Rektor (doc. Ing. Vladimir Hiadlovsky, PhD.), Wakil Rektor Bidang Kerjasama International (Drahoslav Lancaric, PhD) dan beberapa orang Staff International Office. 

Kunjungan ini betujuan untuk melakukan pendalaman kerjasama di bidang pengajaran dan penelitian khususnya dalam hal student dan staff mobility yang juga akan diusulkan sebagai proposal ke program International Credit Mobility Erasmus+.

Pembicaraan ini kemudian dikukuhkan dalam bentuk penandatanganan perpanjangan MoU antara Universitas Andalas dan Matej Bel University yang dilakukan oleh Rektor kedua Universitas.

Prof. Tafdil Husni, SE., MBA menyatakan pertemuan ini diharapkan dapat mengembangkan collaborative research, mutual academic project, students and staffs exchange antara kedua universitas.

Selanjutnya, rombongan berangkat menuju kota Nitra menuju Slovakia University of Agriculture (SUA) in Nitra. Rombongan disambut oleh Prof. Drahoslav Lancaric sebagai Vice Rector for Strategic Development, Mgr. Vladislav Valach sebagai Head of International Office, Ing. Lucia Gabriny, PhD sebagai Director of AgroBioTech Research Centre dan beberapa Staff International Office SUA dan tiga orang mahasiswa Universitas Andalas yang sedang melakukan program Student Mobility di SUA, 

Mr. Vladislav Valach yang telah menjabat Head of International Office SUA selama 10 tahun terakhir ini, menceritakan cukup antusias bekerjasama dengan Universitas Andalas yang telah dimulai sejak tahun 2014 ini.

Selain program International Mobility yang telah pernah diwujudkan dalam bentuk saling mengunjungi Universitas masing-masing, Mr. Vladislav menekankan kunjungan ke Universitas Andalas dan wilayah pertanian yang ada di Sumatera Barat sangat cocok untuk mengembangkan penelitian dan pengembangan tanaman gandum yang mulai digandrungi sebagai sumber karbohidrat bernutrisi tinggi dan rendah lemak di Indonesia. 

Semua rencana kerjasama tersebut kemudian dikuatkan dalam bentuk penandatangan perpanjangan MoU antara Universitas Andalas dan Slovakia University of Agriculture yang dilakukan oleh Rektor Unand dan Vice Rector for Strategic Development SUA. 

Disamping itu, juga mendiskusikan pelaksanaan kegiatan mahasiswa selama di SUA terkait kegiatan akademik maupun kendala yang dihadapi mahasiswa selama program.

Vonny Indah Mutiara, PhD Kepala UPT Layanan Internasional Universitas Andalas menyatakan hasil monev Program Student Mobility tahun 2019 akan menjadi bahan pertimbangan dan acuan dalam menentukan kebijakan program student mobility Tahun 2020. 

Diharapkan dengan semakin baiknya kerjasama Universitas Andalas dengan MatejBel University dan Slovakia University of Agriculture in Nitra di tahun berikutnya, Universitas Andalas dapat mengirimkan mahasiswa lebih banyak lagi ke kedua universitas tersebut.(*)

UPT Layanan Internasional

 

Read 229 times