Launching Produk Riset PPTI-Unand Virgin Coconut Oil (VCO)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Delegasi MCUT Taiwan Kunjungi Unand

12 November 2019

Padang (Unand) – Sebanyak delapan orang delegasi Ming Chi University of Technology (MCUT) Taiwan bersama  Presiden MCUT Taiwan Dr. Thu Hua Liu mengunjungi Universitas Andalas pada Senin (11/11) lalu.

Kunjungan ini diterima baik oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, Ketua Senat Akdemik Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA, Wakil Rektor IV Dr. Endry Martius, MSc dan Kepala UPT Layanan Internasional Vonny Indah Mutiara, Ph. D di Ruangan Rektor Kampus Unand Limau Manis Padang.

Presiden MCUT Taiwan Dr. Thu Hua Liu berharap kerjasama untuk program 3+2 dapat dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 mendatang.

“Program yang tertuang dalam Memorandung of Agreement (MoA) antara Universitas Andalas dengan MCUT Taiwan merupakan bentuk fastrack dimana tiga tahun pertama mahasiswa kuliah di Universitas Andalas dan pada tahun keempat menyelesaikan studi akhirnya di MCUT Taiwan.” unggkapnya.

Ditambahkannya apabila nilai akademik mahasiswa memenuhi syarat yang ditentukan maka mahasiswa akan langsung melanjutkan studi berikutnya di MCUT Taiwan.

Sementara itu, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan dengan adanya kunjungan dari Ming Chi University of Technology Taiwan ini bisa mempercepat proses Universitas Andalas untuk menuju World Class University.

Menurutnya, kerjasama ini penting untuk meningkatkan kompetensi serta kualitas lulusan Universitas Andalas. Ia juga menyampaikan kualitas pendidikan tinggi harus terus ditingkatkan untuk menuju World Class University

Untuk mencapainya, perguruan tinggi harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan standar international, mengacu pada Quacquarelli Symonds (QS) rank yang dilakukan oleh lembaga riset QS yang bergerak pada bidang pendidikan.

“Masalah riset menjadi penting untuk menjadi World Class University,” ujarnya. Dikatakannya kualitas riset, jumlah publikasi nasional dan internasional merupakan syarat mutlak yang harus dicapai oleh perguruan tinggi.

Setelah itu, rombongan dari MCUT Taiwan menuju Fakultas Teknik Universitas Andalas untuk membahas beberapa hal yaitu program 3+2 antara Universitas Andalas dan Ming Chi University of Technology; Presentasi program yang ada pada Fakultas Teknik Ming Chi University of Technology; kunjungan ke berbagai laboratorium Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Kemudian mereka juga mengunjungi Fakultas Ekonomi untuk melakukan audiensi bersama pimpinan fakultas dan melakukan interview kepada mahasiswa.(*)

UPT Layanan Internasional

 

Read 155 times