Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

Siswa SMA Se Sumatera Ikuti Pekan Konstitusi XI PUSaKO Unand

25 September 2018

Padang (Unand) – Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas menggelar Pekan Konstitusi yang ke XI yang diikuti oleh siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas dan sederajat se Sumatera yang dimulai semenjak 23-26 September dengan mengusung tema “Menabur Nilai-Nilai Konstitusi”.

“Pekan Konstitusi XI ini meliputi berbagai acara interaktif yang dapat membangun suasana berbagi informasi dan pengetahuan mengenai hukum dan konstitusi serta mengkampanyekan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada peran dari institusi-institusi lokal maupun nasional dalam membumikan nilai-nilai konstitusi dan kesadaran berkonstitusi,” ucap ketua pelaksana Hemi Lavour Fernandez pada Selasa (25/9) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Menurutnya kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun budaya yang sadar berkonstitusi terutama bagi generasi muda. 

“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan sumbangan positif bagi akselerasi semua organ negara dan juga warga negara dalam menjaga agar nilai-nilai konstitusi dapat tetap hidup dalam semua aspek kehidupan yang ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan ada lima perlombaan yang diadakan diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat SMA/Sederajat, lomba ini merupakan seruan bagi siswa maupun siswi agar menuangkan buah pikir dalam sebentuk karya tulis yang diharapkan menjadi rekomendasi untuk membangun Indonesia dalam rangka memaknai konstitusi. 

Lomba ini diadakan bagi Pelajar SMA/sederajat se Sumatera dengan tema mengenai “Hak Menjadi Kandidat dalam Pemilihan Umum bagi Mantan Terpidana”

Kemudian, Lomba Debat Konstitusi Tingkat SMA/Sederajat, lomba ini dikatakannya sebagai sarana bagi siswa dan siswi dalam mempertahankan argumentasi ilmiah yang dikemas dalam debat yang terdiri dari dua regu untuk membahas terkait isu-isu hukum dan konstitusi.

Selanjutnya, Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/Sederajat yang merupakan wadah untuk menguji pengetahuan dan pemahaman Siswa/i yang dimilikinya terkait dengan kehidupan berbangsa dan bernegara yang termaktub dalam konstitusi. Lomba ini diadakan bagi siswa SMA/sederajat se-Sumatera.

Setelah itu, lomba Pidato Berbahasa Inggris Tingkat SMA/Sederajat, sebagai ajang kompetisi bagi Siswa/i dalam menuangkan keilmuannya melalui pidato berbahasa inggris dengan tema: “Political Party Reform for Advancement of Constitutional Democracy in Indonesia” yang bertujuan untuk menggali potensi-potensi generasi muda untuk kebaikan bangsa Indonesia khususnya pemahaman terkait hukum dan konstitusi. 

Terakhir, lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bagi Guru PKn dan IPS, lomba ini dijelaskannya karya tulis antar guru PKn dan IPS SMA/sederajat se-Sumatera untuk merangsang semangat menulis para guru sekaligus menyediakan sarana bagi para guru agar mempublikasikan karyanya kepada khalayak. 

Adapun tema yang diangkat adalah “Pemindahan Kewenangan Penyelenggaraan Pendidikan Menengah Atas dari Pemerintahan Kabupaten/Kota kepada Pemerintahan Provinsi”.

“Dalam pekan konstitusi ini berasal dari berbagai SMA di sumatera seperti dari Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bengkalis dan Sumatera Barat sendiri,” ujarnya.

Ditambahkannya untuk pengumuman pemenang akan di adakan di hotel Grand Inna Muara Padang dihari terakhir kegiatan sekaligus sebagai acara penutupan.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 273 times