Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

Humas Unand Gelar PJTD Bagi Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa

18 September 2018

Padang (Unand) - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan jurnalistik bagi Tenaga kependidikan dan mahasiswa Humas dan Protokol Universitas Andalas menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada Selasa (18/9) di Auditorium kampus Unand Limau Manis Padang.

Kegiatan yang diikuti oleh humas dari masing-masing unit dan fakultas di lingkungan Universitas Andalas termasuk juga perwakilan dari Unit Kegiaan Mahasiswa (UKM). 

Pelatihan ini mendatangkan narasumber dari Pimpinan Redaksi Padang TV Nashrian Bahzein dan Pewarta Foto Antara Sumbar Fitra Yogi yang dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Andalas Prof. Dr. Syafrizal Sy, SSi, MSi.

Wakil Rektor II menginginkan bagi hadir dalam pelatihan jurnalistik ini agar bisa menerapkan dalam aktifitas menyampaikan  kegiatan dalam bentuk tulisan yang terjadi di unit masing-masing.

Sehingga masyarakat tahu apa yang terjadi di suatu institusi tersebut melalui tulisan yang dipublish lewat media baik itu media cetak maupun online.

Untuk masing-masing unit/fakultas sudah ada medianya atau web masing-masing fakultas maka dari itu, ia meminta untuk memanfaatkan media tersebut dengan mengisinya sesuai dengan kontennya.

“Sampaikan prestasi-prestasi di setiap fakultas baik itu prestasi mahasiswa, dosen ataupun tenaga kependidikan dengan media tersebut atau bahkan dapat juga menyampaikan seminar, kegiatan MoU dan juga bisa menyampaikan ujian terbuka bagi mahasiswa program pascasarjana,” ujarnya.

Menurutnya kalau ada kegiatan atau peristiwa bagus tetapi tidak disampaikan atau dipblish itu akan berarti sia-sia karena orang tidak tahu adanya peristiwa tersebut.

Untuk itu, dikatakannya penting bagi tenaga kependidikan atau mahasiswa yang ingin bergerak dibidang humas khususnya agar dapat mengetahui bagaimana tulisan yang layak untuk dipublish baik di media cetak maupun media online atau televise sekalipun.

Sementara itu Nashrian Bahzein mengatakan seorang jurnalis harus memiliki kejelian untuk menemukan peristiwa dan jalan cerita yang memiliki nilai berita, berita yang didapat harus dari sumber yang terpercaya, memastikan sudut berita agar diperoleh berita yang lebih menarik untuk dibaca dan menentukan lead atau intro yang juga sering disebut kepala berita agar pembaca tertarik untuk menyimak dan membacanya.

Dalam sebuah tulisan itu dikatakannya harus mengandung 5W+1H Apa yang terjadi, di mana hal itu terjadi, Kapan peristiwa itu terjadi, siapa yang terlibat dalam kejadian itu,  kenapa hal itu terjadi dan bagaimana kejadiannya.

“Ciri utama jurnalistik itu adalah sederhana, singkat, padat, lugas, jelas, jernih, menarik, demokratis, mengutamakan kalimat aktif, sejauh mungkin menghindari penggunaan kata atau istilah-istilah teknis dan tunduk kepada kaidah serta etika bahasa baku,” ungkapnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan photography jurnalistik oleh Pewarta Foto Antara Sumbar Fitra Yogi.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 184 times