Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

Bangkitkan Semangat Menulis Proposal PKM, Unand Datangkan Reviewer Nasional

19 September 2018

Padang (Unand) – Sebagai upaya untuk membangkitkan semangat mahasiswa menulis proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Andalas mendatangkan Reviewer Nasional dalam kegiatan lokakarya pada Rabu (19/9) di Ruang Seminar Pustaka Lantai 5 Kampus Unand Limau Manis Padang.

Lokakarya ini mengundang Drs. Bandung Arry Sanjoyo, M. Kom dan Dr. Sugeng Santoso, M, Agr reviewer nasional dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc mengatakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 lalu merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide kreatif mahasiswa. 

“Upaya untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa dianggap sangat penting mengingat kreativitas merupakan salah satu faktor kesuksesan mahasiswa setelah menyelesaikan studinya,” ujarnya.

Maka dari itu, ia mengadakan lokakarya penulisan proposal PKM dengan mendatangkan narasumber dari KemenristekDikti untuk membangkitkan semangat mahasiswa Universitas Andalas dalam menulis prosposal berkualitas untuk tahun 2019 mendatang.

Menurutnya, di PKMlah mahasiswa disuruh bagaimana cara berfikir, bagaimana cara memecahkan suatu permasalahan, melahirkan suatu permasalahan kedalam suatu tulisan dengan suatu background yang kuat kenapa memilih judul tersebut.

Disamping itu, ia juga sangat mengapresiasi kepada mahasiswa Universitas Andalas yang proposal PKMnya lulus dan didanai oleh Kemenristekdikti dan juga yang lolos sampai ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS).

Dikatakannya tahun ini Universitas Andalas berhasil mengirimkan 16 tim dalam ajang bergengsi ini dan masuk lima besar Perguruan Tinggi yang terbanyak mengirimkan proposal untuk ajang PIMNAS ke 31 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

“Universitas Andalas sendiri berhasil meraih satu medali emas dari Tim PKM-Karsa Cipta dan juga dalam kategori Poster Ilmiah terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Drs. Bandung Arry Sanjoyo, M. Kom mengatakan Perguruan Tinggi dituntut untuk menghasilkan alumni yang memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill

“Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan,” ujarnya.

Menurutnya cara terbaik untuk membekali mahasiswa tersebut adalah melalui PKM ini karena berdasarkan pengamatannya mahasiswa-mahasiswa yang lulus PKM atau bahkan sampai ke PIMNAS memiliki yang sangat berbeda bahkan menonjol dari mahasiswa lainnya.

Dikatakannya untuk tahun 2018 jumlah proposal mencapai 48.000 dari seluruh indonesia dan yang didanai sekitar 4.183 oleh Kemenristekdikti, artinya hanya 10% yang didanai.

“Kemudian dari 4.183 proposal yang masuk sampai ke PIMNAS hanya 420 judul,” jelasnya yang juga dosen dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Ia mengungkapkan faktanya mahasiswa yang mengusulkan PKM itu berasal dari mahasiswa golongan menengah keatas dengan rata-rata IPK diatas 3 bukan mahasiswa yang memeliki IPK 2,5.

“Jadi masuk lima besar di PIMNAS itu sudah merupakan prestasi yang sangat hebat dan luar biasa,” sebutnya.

Selanjutnya, Dr. Sugeng Santoso, M, Agr menyampaikan jenis PKM Proposal Kegiatan yang meliputi PKM Penilitian (PKM-P), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC) yang selanjutnya disebut PKM 5 bidang, dan PKM Karya Tulis atau PKM-KT yang terdiri dari PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Humas dan Protokol Unand  

 

Read 305 times