Formulir Pembukaan Rekening Baru Bank Syariah Mandiri untuk Mahasiswa Baru SNMPTN 2019  Klik tombol ini
Toggle Bar

RS. Unand Hadirkan Senyum Baru dan Wujudkan Terang di Usia Senja

12 September 2018

Padang (Unand) – Dalam rangkaian Dies Natalis Universtias Andalas ke 62, Rumah Sakit Universitas Andalas melakukan rangkaian kegiatan Bakti Sosial yang diawali dengan bakti sosial operasi katarak gratis dalam bentuk “Bersama Untuk Berbagi” yang merupakan kerjasama antara Rumah Sakit Unand, Fakultas Kedokteran, dan Ikatan Alumni Don Bosco. 

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 250 orang yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Barat. Dalam skrining yang dilakukan sejak 31 Agustus 2018 hingga 8 September 2018, terjaring 111 pasien yang menjalankan operasi dengan melibatkan Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI). 

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat dan mewujudkan terang di usia senja bagi para lansia,” ujar direktur Rumah Sakit Universitas Andalas Dr. dr. Yevri Zulfikar, SpB-Sp.U.

Setelah itu, dilanjutkan dengan bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit, yang diikuti oleh bayi mulai dari usia 3 bulan untuk penderita sumbing, dan anak minimal usia 18 bulan untuk penderita celah langit-langit. 

Dilanjutkannya dalam skrining yang dilakukan kepada 23 orang pasien, 17 orang yang memenuhi syarat untuk operasi pada tanggal 10 nya. 

“Bakti sosial bibir sumbing ini, merupakan kali kelima yang diadakan oleh  Rumah Sakit Universitas Andalas,” sambungnya. 

Lebih lanjut ia menyampaikan target operasi yang terjaring tidak hanya berasal dari Sumatera Barat, namun juga berasal dari daerah lain di luar Provinsi Sumatera Barat.

Disebutkannya kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit ini gratis dan akan terus berlanjut di luar baksos, dengan mengadakan operasi regular. 

Menurutnya, ini merupakan komitmen Rumah Sakit Unand bersama Smile Train untuk mewujudkan senyum baru bagi para penderita sumbing.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan Baksos operasi bibir sumbing dan lelangit mulut ini merupakan lanjutan dari program tahun lalu. 

Di samping itu, tahun ini juga dilaksanakan baksos operasi katarak yang juga dilaksanakan di tempat sama. 

Selain pasien dioperasi gratis dan diinapkan satu malam, biaya keluarga dan pengantarnya juga ditanggung biayanya oleh Universitas Andalas.

“Baksos operasi bibir sumbing dan lelangit mulut ini bentuk kepedulian Universitas Andalas  terhadap masyarakat berekonomi menengah ke bawah,” ungkapnya. 

Ia berharap bantuan ini bukan hanya bisa meringankan beban keluarga pasien tetapi juga dapat membuat pasien bisa lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitasnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 631 times