Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

3.104 Peserta SBMPTN Lulus di Unand

04 Juli 2018

Padang (Unand) – Sebanyak 3.104 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri lulus sebagai calon mahasiswa Universitas Andalas setelah pengumuman hasil SBMPTN di umumkan pada Selasa (3/7) melalui laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id dan 12 laman mirror Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dr. Dachriyanus, Apt mengucapkan selamat kepada peserta SBMPTN yang telah lulus sebagai calon mahasiswa baru Universitas Andalas yang selanjutnya akan mengikuti rangkaian mekanisme pendaftaran ulang.

Kemudian bagi yang belum lulus disampaikannya agar tetap semangat dan jangan putus asa karena Universitas Andalas masih membuka jalur masuk bagi mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat 2018.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SMMPTN dapat membuka laman http://pmb.unand.ac.id 

Dikatakannya secara nasional jumlah peserta SBMPTN mencapai  860.001 yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Dari 860.001 peserta yang lulus sebagai calon mahasiswa di 85 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia sebanyak 165.381 mahasiswa termasuk di Universitas Andalas,” ujarnya saat ditemui diruang kerjanya pada Rabu (4/7).

Dikatakannya secara keseluruhan nantinya Universitas Andalas akan menerima sebanyak lebih kurang 5.411 dari seluruh jalur penerimaan mulai dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Selanjutnya mahasiwa akan mengikuti proses mekanisme pendaftaran ulang, informasinya dapat mengklik Tata cara pendaftaran ulang di sini.

Sementara itu, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Andalas Syafwardi, SE, MPd menyampaikan mahasiswa yang lulus seleksi jalur SBMPTN harus mengikuti prosedur pendaftaran ulang. 

Disebutkannya mulai dari tahapan pra registrasi secara on line dimulai dari tanggal 4 – 8 Juli pada laman http://ukt.unand.ac.id dengan menggunakan akun username : nomor pendaftaran SBMPTN dan Password tanggal lahir.

Selanjutnya pembayaran UKT dimulai dari tanggal 5-10 Juli 2018 melalui Bank Nagari (BPD Sumbar) untuk mendapatkan PIN Registrasi.

Kemudian dikatakannya registrasi on line dari tanggal 5-10 Juli melalui laman http://registrasi.unand.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran dan PIN (6 digit angka).

“Setelah itu mahasiswa harus mengikuti pemeriksaan kesehatan di rumah sakit Universitas Andalas dan Klinik Pratama Medika Andalas sesuai jadual yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Kemudian tanggal 11 – 12 akan dilaksanakan verivikasi dokumen sesuai dengan jadual yang ditetapkan dan juga verifikasi dokumen bagi peserta calon penerima beasiswa Bidikmisi yang bertempat di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Setelah itu pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dengan datang ke petugas teller Bank Nagari di loket Auditorium pada waktu registrasi untuk memperoleh aplikasi permohonan pembukaan rekening Bank dilanjutkan dengan Pendataan peserta BPJS.

Lebih lanjut ia mengungkapkan mahasiswa baru dinyatakan gugur apabila tidak memenuhi syarat kesehatan, tidak melengkapi fotokopi seperti Ijazah, Rapor, daftar nilai UN, Surat Tanda Lulus Ujian Nasional/Surat Tanda Kelulusan tidak sesuai dengan aslinya serta terindikasi memalsukan dokumen atau tidak sesuai dengan aslinya.

Kemudian mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi wajib tinggal di Asrama Universitas Andalas dan mengikuti semua ketentuan yang berlaku di asrama.

Ia juga mengingatkan jika mengundurkan diri setelah mendaftar UKT yang telah disetor tidak dapat diminta kembali.

Humas dan Protokol Unand  

  

 

Read 2134 times