Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

LP3M Unand Kembali Adakan Pelatihan Applied Approach 2018

03 Juli 2018

Padang (Unand)- Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) mengadakan Pelatihan Applied Approach (AA) sebagai lanjutan dari pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) pada Februari lalu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mengajar pada dosen baru yang dilaksanakan pada (2-6/7) di Ruang Seminar Gedung E Lantai 2 kampus Universitas Andalas.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu (LP3M) Dr. Ir. Nofialdi, MSi mengatakan bahwa dengan Pelatihan Applied Approach (AA) akan disiapkan secara komprehensif agar mampu menjadi dosen yang dapat mendukung standar pendidikan.  

Inti standar pendidikan ujar Dr. Nofialdi adalah kurikulum di tingkat program studi yang diturunkan ke mata kuliah yang akan mendukung manajemen pendidikan perguruan tinggi itu sendiri, kurikulum tersebut juga harus bisa menyesuaikan zaman agar dapat diterima oleh mahasiswa secara efektif dan efesien.

Selain itu, harapannya, semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan maksimal sehingga dapat meningkatkan kapasitas diri sebagai dosen.

“Dosen yang telah dibekali pelatihan AA ini dapat mengaplikasikan ilmunya kepada mahasiswa ketika mengajar di kelas sehingga mahasiswa tidak merasa bosan karena dengan sistem mengajarnya sesuai dengan kemajuan zaman dan  perkembangan kurikulum,”tambahnya. 

Pelatihan ini diikuti sebanyak 58 peserta baik dari dosen yang mengajar di kampus Universitas Andalas maupun dari  di luar seperti Universitas Dharma Andalas dan Akademi Farmasi Prayoga. 

Dr. Ike Revita selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan bahwa persyaratan peserta yang mengikuti Pelatihan AA ini adalah yang telah lulus mengikuti pelatihan PEKERTI sebelumnya. Karena  dosen yang mengikuti AA harus bisa memahami dahulu dasar-dasar proses belajar mengajar.  

”Peserta yang mengikuti AA akan diberikan sertifikat  akan berguna untuk sertifikasi dosen. Namun, untuk mendapatkan sertifikat AA ini peserta harus memiliki komitmen dan sikap disiplin minimal 80 persen tingkat kehadirannya dan dapat mengikuti pelatihan dengan baik,” tambah Dr. Ike Revita.

Teknik penyampaian materi dalam pelatihan AA ini menggunakan metode ceramah, diskusi, latihan menyelesaikan tugas-tugas per kelompok dan praktek menyajikan perkuliahan.

Adapun materi hari pertama pada pelatihan Applied Approach AA adalah membahas materi tentang Pendidikan sebagai Sistem Penjamin Mutu dan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal yang disampaikan oleh Dr. Nofialdi dan Metode Pembelajaran Berbasis TIK dan Metode Pembelajaran Berbasis TIK (lanjutan)  oleh Handoko, M.Hum.

Pada hari kedua, Dr. Dedison Gasni akan menyampaikan materi tentang Teknik Penilaian Kelas dan Teknik Penilaian Kelas (lanjutan) dan Dr. Ike Revita membahas tentang  Pengembangan Diri Seorang Dosen dan materi Pengembangan Diri Seorang Dosen (lanjutan).

Hari ketiga, Metode Pembelajaran Soft Skills dan Metode Pembelajaran Soft Skills (lanjutan) akan disampaikan Dr. Yulia Hendri Yeni dan Pengembangan Mata Kuliah dan Pengembangan Mata Kuliah (lanjutan) oleh Dr. Nofialdi.

Sedangkan hari keempat, akan membahas tentang Bahan Ajar, Modul, Diktat, Buku Ajar dan Bahan Ajar, Modul, Diktat, Buku Ajar (lanjutan) yang disampaikan oleh Prof. Dr. Yose Rizal dan Metode Penilaian untuk Soft Skills dan Penilaian untuk Soft Skills (lanjutan) oleh Dr. Nur Afriyani Syah.

Pada hari terakhir, akan membahas tentang Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Kurikulum (lanjutan) yang disampaikan oleh Prof. Dr. Oktavianus dan materi tentang Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Kelas (lanjutan) disampaikan oleh Dr. Rahmy Fahmy, SE, MBA.   

Humas dan Protokol Universitas Andalas 

 

Read 442 times