Pengukuhan Guru Besar Universitas Andalas 7 Oktober 2019  Klik tombol ini
Toggle Bar

Rektor Ajak Wisudawan Untuk Jadi Job Creator

30 Jun 2018

Padang (Unand) - Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengajak para wisudawan untuk menjadi Job Creator atau entrepreneur dari pada menjadi Job Seeker.

Hal itu diungkapkannya saat prosesi wisuda program diploma dan sarjana pada Wisuda II Universitas Andalas di Gedung Auditorium kampus Unand Limau Manis Padang Sabtu (30/6).

Maka dari itu ia mendorong wisudawan atau lulusan agar menjadi Job Creator alias pencipta lapangan kerja sebagai upaya untuk mencegah bertambahnya jumlah pengangguran intelektual.

Menurutnya, pengangguran muncul karena mahasiswa tidak kreatif dan inovatif sehingga berharap akan dapat mendapatkan pekerjaan.

“Universitas Andalas telah menjalankan berbagai program untuk memacu semangat jiwa berwirausaha mahasiswa salah satunya dengan mendatangkan berbagai pengusaha sukses baik lokal maupun nasional,” ujarnya.

Dilanjutkannya beberapa pengusaha yang telah berbagi pengalaman melalui kuliah kewirausahaan di Universitas Andalas seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Chairul Tanjung, Sandiago S Uno,  Fahmi Idris, dan lain sebagainya.

Selain itu, ia juga menyampaikan mengenai era mileneum/digital dimana bangsa ini menghadapi masalah ketertinggalan Sumber Daya Manusia dibidang pendidikan atau diwilayah akademik tetapi juga diwilayah kemampuan kemampuan digital.

Oleh sebab itu, wajib hukumnya untuk melek teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). Sebagaimana yang dapat disaksikan sekarang ini bahwa dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0.

Menurutnya era ini akan menyebabkan gangguan bukan hanya dibidang bisnis saja tetapi diberbagai bidang dengan perubahan yang sangat cepat dan besar.

“Perubahan ini akan mentransformasikan cara-cara hidup dan bekerja setiap manusia sehingga beberapa pekerjaan akan hilang serta banyak pekerjaan baru yang muncul dan berkembang,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dalam menjawab tantangan tersebut maka sumber daya manusia harus memeliki ketrampilan dan kemampuan yang mampu beradaptasi dengan perkambangan zaman.

Untuk wisuda kali ini Universitas Andalas meluluskan sebanyak 974 wisudawan dari program Diploma dan Sarjana.

Dalam prosesi wisuda ini Universitas Andalas memberikan penghargaan kepada Bintang Aktivis Kampus yang merupakan aktivis dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan juga penghargaan kepada Lulusan Terbaik.

Lulusan terbaik ini berasal dari masing-masing fakultas dan yang tertinggi berhasil diraih oleh Mutia Yolanda dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3.82 lama studi 3 tahun 9 bulan predikat lulus dengan pujian.

Selain itu Universitas Andalas juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa luar negeri yang berasal dari Negara Philipina atas nama Ruth R. Bepinoso dengan mengambil program studi Sastra Daerah Pridikat Lulus sangat memuaskan.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 779 times