Ribuan Mahasiswa KKN PPM Unand 2018 dilepas Rektor

26 Jun 2018

Padang (Unand) – Ribuan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) 2018 yang tersebar ke seluruh pelosok Provinsi Sumatera Barat dilepas secara resmi oleh Rektor Universitas Andalas.

Acara yang berlangsung di Gedung Auditorium Universitas Andalas pada Selasa (26/6) dihadiri oleh ribuan peserta KKN PPM 2018 dari berbagai fakultas beserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Ketua Pengelola Unit KKN Universitas Andalas Prof. Dr. Syamsuardi, MSc mengatakan tahun ini peserta KKN PPM Universitas Andalas mencapai 4.300 mahasiswa di 169 lokasi yang tersebar di beberapa Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat.

Disampaikanya selain itu, ada juga beberapa mahasiswa Universitas Andalas yang melaksanakan KKN diluar Provinsi Sumatera Barat seperti 2 lokasi di Provinsi Sulawesi Selatan, 1 lokasi di Provinsi Lampung, 1 lokasi di Negara Malaysia dan 1 lokasi di Negara Vietnam.

“Jadi secara keseluruhan sebaran lokasi pelaksanaan KKN PPM Universitas Andalas berjumlah 174 lokasi dengan 106 Kecamatan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan pelaksanaan KKN PPM ini berlangsung dari tanggal 28 Juni hingga 8 Agustus 2018.

Disebutkannya adapun tema yang diusung tahun ini adalah membangun mahasiswa dengan Karakter Andalasian yang Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung Jawab dan Iklas (SEJATI) menuju nagari maju untuk kedjayaan bangsa.

Peserta KKN PPM Universitas Andalas didominisi oleh wanita sebanyak 2.768 peserta sedangkan laki-laki sebanyak 1.532 peserta.

Disamping itu ada juga mahasiswa asing dari Osaka City University Jepang yang juga akan mengikuti kegiatan KKN PPM Universitas Andalas 2018.

Disebutkannya ada 14 jenis KKN PPM yang dilaksanakan tahun ini yaitu KKN PPM Reguler, KKN PPM Revolusi Mental, KKN PPM Tematik PUPR, KKN PPM BKKBN, KKN PPM Kebencanaan, KKN PPM Nagaroi Digital, KKN PPM Yagemi, KKN PPM Germas, KKN PPM Regional Wilayah Barat, KKN PPM Kebangsaan, KKN PPM Bilateral, KKN PPM Tematik NDC, KKN PPM Hibah Dikti dan KKN PPM Internasional.

Menurutnya pelaksanaan KKN PPM ini merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi yang pelaksanaanya diluar kampus.

“KKN PPM ini diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empiris praktis, dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis saling menerima dan memberi serta saling asah, asih dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengucapkan selamat mengabdi, menerapkan ilmu yang sudah didapat dibangku perkuliahan dalam kehidupan bermasyarakat.

Semoga program-program atau ide-ide yang telah dirancang dapat berjalan dengan lancar dan diterima oleh masyarakat dengan tetap berkoordinasi perangkat daerah dan juga Dosen Pembimbing Lapangan.

Ia juga berpesan kepada mahasiswa untuk selalu menjaga dan menjunjung tinggi nama baik kampus dengan menjaga sopan santun dan adat istiadat setempat.

Diingatkannya bagi yang membawa kendaraan dalam pelaksanaan KKN untuk selalu berhati-hati sebab tahun lalu ada mahasiswa yang mengalami kecelakaan kendaraan bermotor sehingga menganggu program KKNnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1451 times