Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

Maba SNMPTN Unand Ikuti Pelatihan Karakter Andalasian dan Wasbang

23 Mei 2018

Padang Unand - Mahasiswa baru (Maba) Universitas Andalas jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengikuti pelatihan Karakter Andalasian dan Pelatihan Pemantapan Wawasan Kebangsaan.

“Pelatihan karakter andalasian dan Pelatihan Pemantapan Wawasan Kebangsaan tidak hanya diikuti oleh mahasiswa jalur SNMPTN saja tetapi juga akan berlaku bagi mahasiswa jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Mandiri serta juga untuk mahasiswa Diploma,” kata Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc saat pembukaan kegiatan pelatihan Karakter Andalasian.

Dikatakannya tahun 2015 merupakan awal dari dimulainya pelatihan karakter Karakter Andalasian ini setelah sebelumnya dengan training ESQ dimana pelaksanaannya berada di gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang. 

“Karakter Andalasian ini dikembangkan oleh dosen-dosen Universitas Andalas sendiri yang pelaksanaannya dibantu oleh mahasiswa yang telah mengikuti training of trainer (ToT),” sambungnya. 

Diharapkan Pelatihan Karakter Andalasian ini akan menjadi modal awal bagi mahasiswa Universitas Andalas agar memiliki karakter SEJATI. “SEJATI merupakan singkatan dari sabar, empati, jujur, adil, tanggung jawab dan iklas.,” ungkapnya.

Pelaksanaan Karakter Andalasian terdiri dari enam gelombang dimana masing-masing gelombang akan mengikuti pelatihan ini selama dua hari berturut-turut sesuai dengan nomor Buku Pokok (ganjil dan genap).

Untuk mahasiswa jalur SNMPTN pelaksanaannya 21-24 Mei, sedangkan mahasiswa SBMPTN 13-16 Juli dan untuk mahasiswa jalur Mandiri serta Diploma pelaksanaanya pada tanggal 01-04 Agustus 2018. 

Selain mengikuti Pelatihan Karakter Andalasian mahasiswa baru juga akan mengikuti pelatihan pemantapan Wawasan Kebangsaan selama satu hari di Gedung Convention Hall dan dibeberapa lokasi di dalam lingkungan kampus yang didampingi oleh anggota TNI dari Korem 032 Wirabraja.

Pelatihan pemantapan Wawasan Kebangsaan ini salah satu tujuannya adalah untuk menumbuhkan nasionalisme dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.

Pelatihan ini juga terdiri dari enam gelombang dimana pelaksanaannya bagi mahasiswa jalur SNMPTN pada 22-23 Mei, 14-15 Juli untuk SBMPTN dan Mandiri serta Diploma pada 2-3 Agustus 2018.

Sementara itu Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan bahwa mahasiswa yang lulus di Universitas Andalas meru¬pakan mahasiswa-mahasiswa pilihan, karena dari 40.000 lebih calon mahasiswa mendaftar di Universitas Andalas hanya sekitar 5.000 mahasiswa yang akan diterima.

Dikatakannya pelatihan ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru untuk membuka perjalanan baru dalam program pembangunan karakter di lingkungan Universitas Andalas.

“Harapannya mahasiswa Universitas Andalas menjadi manusia-manusia berkarakter yang mampu membawa angin segar perubahan dilingkungan manapun berada dalam rangka menuju kedjajayaan bangsa,” ujarnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 661 times