Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

Prodi Kebidanan Unand Gelar Seminar ilmiah Kebidanan

11 Mei 2018

Padang (Unand) – Prodi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menggelar Seminar Ilmiah Kebidanan dengan tema ”Creating a Good Impression of Womens Life Cycle by Strengthening Midwive’s Role,” pada Jumat, (11/5) di Convention Hall Kampus Universitas Andalas Limau Manis Padang.

Seminar ini dihadirkan tiga orang pembicara yaitu Andrea Gilkison dari New Zealand University, Dra. Jumiarni Ilyas,M.Kes dan Yetty Leony Irawan M.Sc yang diikuti oleh mahasiswa S1 dan S2 Kebidanan Universitas Andalas dan para tamu undangan dari Ikatan Bidan Indonesia cabang dan Kota Padang. 

Dr.dr. Wirsma Arif Harahap Sp.B (K)-Onk selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti seminar tersebut agar dapat mengikuti seminar ini dengan sebaik-baiknya.

Ia mengatakan bahwa seminar ilmiah ini sangat berguna khususnya bagi mahasiswa kebidanan dalam rangka menambah pengetahuan kebidanannya agar dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat seoptimal mungkin dengan berbasis keilmupengetahuan kebidanan yang telah dibuktikan dengan ilmiah.

Lebih lanjut ia menjelaskan, profesi kebidanan itu lebih  piawai di tangan perempuan karena perempuan memiliki kelebihan seperti memiliki sifat keibuuan. Seperti kata pepatah wanita adalah tiang negara. Keberhasilan suatu negara terletak pada perempuannya. Anak bangsa terletak pada didikan seorang perempuan.  

Ia menambahkan bahwa praktek kebidanan juga harus dibarengi dengan  skil  komunikasi yang baik. 

”Inti dari segala keilmuwan adalah cara komunikasi, tanpa komunikasi yang baik. Maka keilmuwan kita tidak akan pernah terpakai atau tersampaikan dengan baik kepada orang lain,” tambahnya.  

Begitu pentingnya komunikasi dalam bidang pelayanan kesehatan, Prodi Kebidanan Universitas Andalas juga telah memuat mata kuliah ilmu komunikasi dan bahasa agar keilmuawan kebidanan dan komunikasi dapat diaplikasikan dalam  dalam menjalankan profesi sebagai bidan.

Selain seminar ilmiah, ia berharap akan ada kerjasama antara Universitas Andalas khususnya Fakultas Kedokteran dengan New Zealand University seperti student mobility maupun lecture mobility.

Humas dan Protokol Universitas Andalas 

 

Read 322 times