Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

FK Unand-PT Kimia Farma Jalin Kerjasama

11 Januari 2018

Jakarta (Unand) - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menjalin kerjasama ditandai dengan  penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan PT Kimia Farma (Persero) Tbk pada Rabu (10/1) di Gedung Kimia Farma Jakarta.

Penandatangan MoA ini ditandatangani langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA bersama Direktur Utama PT Kimia Farma (Persero) Tbk Honesti Basyir yang disaksikan oleh jajaran pimpinan Kimia Farma.

Dalam penandatanganan ini turut hadir Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, Dekan Fakultas Teknik Insannul Kamil, Ph. D, Ketua LPPM Dr. Ing Uyung Gatot dan Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc 

Rektor Universitas Andalas mengatakan penandatangan MoA ini merupakan lanjutan dari lokakarya mini yang dilaksanakan akhir tahun lalu di Rumah Sakit Universitas Andalas bersama jajaran pimpinan Kimia Farma.

“Ini merupakan kesempatan besar bagi Universitas Andalas terkait hilirisasi dan komersialisasi hasil-hasil penelitian atau riset dari dosen Unand sendiri,” tambahnya.

Ia berharap terjalinnya kerjasama dapat memajukan pendidikan serta semakin mempermudah Unand dalam kebutuhan farmasi, terutama setelah adanya sarana pelayanan kesehatan di kawasan Unand yaitu Rumah Sakit Universitas Andalas.

Sementara itu, Dirut Kimia Farma mengatakan Kimia Farma sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri pertama di Indonesia memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian di Indonesia. 

Sebelumnya dalam penyusunan kerjasama dengan Universitas Andalas mengusulkan kerjasama proyek seperti pembuatan antibody monoclocal, polyclocal, dan rekombinan, produk pembuatan obat anti kanker payudara dengan bahan alami, Bahan baku herbal dan beberapa usulan lainnya. 

Dikatakannya kerjasama ini sebelumnya juga telah dilakukan oleh PT. Kimia Farma bersama Perguruan Tinggi-Perguruan Tinggi besar di Indonesia seperti UGM, UI, UNAIR, dan lainnya.

Selanjutnya dalam waktu dekat MoA ini juga akan dilakukan dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas tentang produk pengelolahan gambir dan olahan gambir seperti kosmetik, perekat, pewarna, pengawet obat dan lainnya.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 699 times