Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

Faperta Unand Gelar Kuliah Umum

03 Januari 2018

Padang (Unand) - Program Studi (Prodi) Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas bekerjasama dengan Murray State University, USA dan The University of Sidney menggelar Kuliah Umum “PEDOMETRIC, Pengembangan Research dan Publikasi” yang diadakan pada tanggal 20-21 Desember 2017 yang lalu di Gedung I Universitas Andalas.

 

 

Kuliah umum ini dihadiri oleh lebih kurang 150 orang peserta dari kalangan Dosen, Mahasiswa S1, S2 dan S3 dengan narasumber Prof. Dr. Iin Handayani dan Prof. Dr. Budiman Minasny dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc.

Kuliah Umum yang diadakan telah memberikan pengetahuan dan menambah wawasan bahwa pentingannya Ilmu Tanah dimasukkan sebagai mata kuliah wajib yang harus di ambil oleh semua mahasiswa di Lingkungan Universitas Andalas. 

Menurutnya bukan hanya mahasiswa Fakultas Pertanian yang harus mempelajari dan memahami Ilmu Tanah tetapi semua bidang disiplin ilmu yang berkaitan dengan pemanfaatan lahan untuk menghasilkan suatu produk seperti Fakultas Peternakan, Farmasi dan Kesehatan Masyarakat.

Feed the World, Save The Land yang disampaikan Prof.Dr.Ir. Herviyanti dalam kata sambutannya dan juga materi yang dipaparkan oleh Prof.Dr.Iin Handayani, bahwa keberlanjutan pertanian di masa yang akan datang “Sustainable Agriculture” harus benar-benar memahami bahwa suatu hasil produksi lahan yang sehat adalah berasal dari lahan/tanah yang sehat pula.

Untuk itu Ilmu Tanah perlu dimasukkan dalam kurikulum yang bisa ditawarkan di beberapa Fakultas yang berkaitan dengan pemanfaatan lahan dalam menghasilkan produknya baik untuk tanaman obat-obatan (Farmasi), Pakan (Peternakan) dan lain-lain.

Bagaimana mengetahui kualitas tanah yang baik dan sehat dalam menghasilkan suatu produk tanaman yang akan dikonsumsi oleh manusia dan ternak harus benar-benar dipelajari dan dipahami dengan baik oleh setiap kita terutama mahasiswa yang nantinya menjadi generasi penerus dalam memanfaatkan Sumberdaya Lahan di masa yang akan datang. Karena dari konsumsi makanan dan obat-obatan yang sehat harus berasal dari media tumbuh/tanam yang sehat pula.

Sementara itu Prof. Dr. Budiman Minasny menambahkan untuk mendapatkan informasi tentang suatu tanah yang subur dari segi karakteristik kimia, fisika dan biologi nya dapat dipelajari dan diketahui dalam PEDOMETRIC, informasi secara digital tentang karakteristik tanah dapat dilakukan dengan pembuatan peta ”Soil Mapping”. 

“Pemetaan Tanah secara digital yang dihasilkan dapat memberikan informasi bagaimana pemanfataan dan pengelolaan tanah/lahan ke depan, seperti Gambut dalam yang tidak boleh dikelola untuk budidaya pertanian,”sambungnya.

UPT Layanan Internasional

 

Read 711 times