Visi dan Misi

Visi

Universitas Andalas memiliki gambaran dan cita-cita ideal yang ingin diwujudkan di masa yang akan datang, melalui visi Universitas Andalas yaitu:

“Menjadi Universitas Terkemuka dan Bermartabat”.

Misi

Universitas Andalas sebagai perguruan tinggi negeri yang memberikan jasa pendidikan mengemban misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi yang berkualitas, berkarakter serta berkesinambungan;
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif serta pengabdian yang berkualitas untuk menunjang kemandirian bangsa;
  3. Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola yang baik (good university governance), menuju tata kelola yang unggul (excellent university governance), serta mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan strategis;
  4. Menjalin jaringan kerja sama yang produktif dan berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional dan internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing global, mempunyai spirit kewirausahaan dan berkarakter;
  2. Meningkatkan dukungan untuk mahasiswa dalam rangka pemerataan dan perluasan akses pendidikan;
  3. Mengembangkan dan memanfaatkan iptek dan seni yang relevan dengan tujuan pembangunan nasional dan daerah melalui penyelenggaraan program studi, penelitian, pembinaan kelembagaan, serta pengembangan sumberdaya akademik yang berdaya guna dan berhasil guna;
  4. Meningkatkan percepatan implementasi hasil penelitian kepada masyarakat dalam rangka transformasi ilmu pengetahuan;
  5. Mewujudkan masyarakat kampus yang handal dan profesional yang didukung oleh budaya ilmiah yang mengacu kepada prinsip-prinsip dasar yang dianut oleh Unand;
  6. Meningkatkan mutu pelayanan melalui penyediaan fasilitas, prasarana, sarana dan teknologi sesuai dengan standar yang ditetapkan secara nasional dan internasional serta mewujudkan suasana akademik yang kondusif dan bermanfaat bagi masyarakat;
  7. Memperluas dan meningkatkan jaringan kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga pemerintahan/swasta di dalam dan luar negeri;
  8. Mengembangkan dan meningkatkan sumber pendapatan melalui kerjasama dan pengembangan unit usaha untuk mencapai visi dan misi yang ditetapkan.

Penjelasan Visi

Visi terkemuka ditunjukkan dengan reputasi baik yang dimiliki untuk tingkat nasional dan internasional. Reputasi ini ditunjukkan dengan dihasilkannya lulusan yang berdaya saing global, publikasi hasil penelitian yang berkualitas yang diikuti dengan delivery hasil riset tersebut dalam rangka mendukung kemandirian bangsa. Hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip entrepreneurship sehingga warna yang akan dipilih Unand adalah memiliki konteks Entrepreneurial University.

Visi bermartabat ditunjukkan dengan karakter unggul warga dan lulusan Unand. Karakter unggul tersebut dibangun dari elemen spiritual, ilmu, amal, dan sosial. Keempat elemen tersebut menjadi kepribadian  lulusan dan warga Unand dan akan dapat membawa lulusan, warga dan institusi Unand mempunyai harkat dan harga diri.

Kondisi Unand Terkemuka dan Bermartabat ini nantinya akan dicirikan dengan:

  • Unand akan memiliki staf akademik yang kuat, dengan kualifikasi kemampuan dalam melakukan proses pembelajaran, penelitian serta memiliki karakter yang unggul.
  • Unand akan memiliki publikasi yang kuat dengan berbasiskan sumber daya dan kearifan sosial dan budaya lokal. Area kekuatan ini akan meliputi bidang-bidang yang terkait dengan sumber daya alam hayati, kekuatan sosial budaya lokal yang unik yang menjadi modal dan kontribusi besar untuk  kemandirian bangsa.
  • Unand akan memiliki jaringan kerjasama luas dan menjadi hubungan kerjasama bagi perguruan tinggi regional wilayah Indonesia bagian Barat, sekaligus menjadi partner peneliti internasional untuk bidang-bidang unggulan Unand.
  • Unand akan menjadi alternatif destinasi bagi calon-calon mahasiswa asing yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan serta Timur Tengah dan sekitarnya yang ingin mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas, sehingga pada tahun 2028 proporsi mahasiswa asing akan melebihi  15% dari total populasi mahasiswa.
  • Unand telan menggunakan sarana teknologi informasi dan komunikasi meliputi seluruh proses organisasi utama, baik dalam administrasi, pelayanan dan pembelajaran serta menjadi penyokong utama bagi pengambilan keputusan.
  • Karakter unggul sudah terinternalisasi dalam diri semua warga Unand, terlihat dalam cara berfikir, cara bersikap maupun cara bertindak.

Cita-cita tersebut tidak mungkin diwujudkan dalam jangka pendek. Celah antara kondisi dan kinerja yang terjadi saat ini dengan cita-cita itu masih cukup jauh,sehingga Unand membaginya atas 4 (empat) tahapan:

Tahap pertama:  Periode 2009-2013

Pada tahap ini merupakan tahap pembenahan institusi dan pemenuhan standar-standar pendidikan nasional dan internasional. Pembenahan institusi meliputi transformasi manajemen akademik, keuangan, aset, sumberdaya manusia dan kemahasiswaan. Pada periode ini semua standar nasional pendidikan harus terpenuhi. Tahapan pertama ini telah terlewati dengan capaian cukup baik, tergambar dari tingkat akreditasi minimal B telah mencapai lebih dari 80 %.

Tahap kedua: Periode 2014-2018

Pada periode ini dilakukan pemantapan transformasi manajemen akademik, keuangan, aset, sumberdaya manusia dan kekayaan lainnya. Targetnya adalah terimplementasikan good university goverment secara bertanggung jawab dan konsekuen. Hasil yang diharapkan adalah Unand menjadi salah satu universitas terkemuka dalam beberapa bidang di tingkat nasional atau masuk universitas lima besar di Indonesia. Di samping itu proses pembelajaran di Unand mulai terintegrasi dengan pengembangan soft skill, entrepreneurship dan karakter.

Tahap ketiga: Periode 2019-2023

Pada periode ini sistem tatakelola telah terintegrasi penuh dengan mengunakan teknologi informasi dan komunikasi, bidang riset unggulan Unand sudah terlihat dari output yang dihasilkan, kegiatan penelitian telah fokus dan tersinergi dalam roadmap penelitian unggulan Unand. Persentase mahasiswa pascasarjanasudah lebih dari 20%, Jumlah mahasiswa asing meningkat dan suasana akademik mulai kental denganinternasional athmosphere, mahasiswa mulai menguasai multi bahasa dengan dilandasi karakter unggul dan kuat. Pada periode ini Unand diharuskan masuk kategori 100 perguruan tinggi terbaik di Asia.

Tahap keempat: Periode 2024-2028

Pada periode ini, Unand telah dikenal secara internasional. Pada periode ini diharapkan Unand telah mempunyai reputasi internasional dan jumlah mahasiswa asinglebih dari 15%. Pelaksanaan kelas berbahasa Inggris mengalami peningkatan, mahasiswa Unand memiliki kemampuan berkomunikasi dengan lebih dari dua bahasa asing.Program pertukaran mahasiswa dan dosen sertacredit transfer system dandual degree berjalan dengan efektif.Unand menjalin hubungan kerjasama dalam beberapa bidang khususnya untuk perguruan tinggi wilayah barat dan kawasan regional Asean.