Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru SMMPTN-Barat  Klik tombol ini untuk melihat Informasi Lengkap
Toggle Bar

Fasilitas di Universitas Andalas

 

1. Convention Hall

Convention Hall diresmikan oleh Prof. Dr. Ir Musliar Kasim MS, sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 24 November 2012. Acara peresmian ini didahului dengan acara serah terima gedung dari Koperasi Madani yang diwakili oleh Ketua Koperasi Madani, Prof, Firman Hasan SH. LLM dan disaksikan oleh seluruh pimpinan tingkat universitas dan fakultas. Convention Hall dapat digunakan untuk seminar, workshop, perayaan dies natalis, lustrum dan kegiatan lainnya.

 

 

 

 

2. Auditorium

Auditorium adalah gedung pertemuan yang biasanya digunakan untuk Wisuda mahasiswa, seminar, workshop dan kegiatan lainnya. Gedung ini memiliki kapasitas daya tampung ± 2.500 orang.

 

 

 

 

3. Masjid Nurul Ilmi

Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga kampus, telah dibangun satu buah masjid, yaitu Nurul Ilmi. Di samping tempat ibadah, juga berkaitan dengan pengembangan rohani dan aktivitas sosial kemasyarakatan lainnya.

 

 

 

 

4. Mushalla Batu

Mushalla Jabal Rahmah yang sering juga disebut mushalla batu, rumah ibadah yang didirikan oleh pihak fakultas pertanian menjadi salah satu destinasi favorit mahasiswa untuk berkunjung atau sekedar pergi beribadah. Akses menuju kesana harus melalui jalan cukup jauh dan berat, karena harus melintasi jalan tanah berbatu namun mushalla ini tak pernah sepi. Suasana sejuk langsung terasa, saat menginjakan kaki didalam mushalla ini, meskipun ruangan mushalla tersebut tidak terlalu besar, namun terasa lapang karena tidak ada pondasi di tengah bangunan seperti mesjid atau mushalla lainnya.

 

 

 

 

5. Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)

Universitas Andalas sejak bulan November 2001 telah memiliki gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri. Di gedung ini ditempatkan sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tingkat fakultas sampai BEM Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Andalas, Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) fakultas sampai tingkat universitas.

 

 

 

 

6. Asrama mahasiswa

Asrama mahasiswa Unand merupakan unit layanan yang memberikan dukungan layanan hunian bagi mahasiswa. Pada tahun 2012 terdapat enam bangunan asrama dengan beberapa fasilitas dasar seperti masjid, kafetaria, ruang belajar, ruang televisi, pantry, mini market, dan fasilitas olahraga.

 

 

 

 

7. Sarana olahraga

Unand dalam memicu dan meningkatkan aktivitas olahraga mahasiswa telah membangun berbagai sarana olahraga, seperti:

  • Lapangan sepak bola
  • Lapangan tenis
  • Lapangan bola basket
  • Lapangan bulu tangkis
  • Lapangan bola voli
  • Lapangan futsal
  • Sarana panjat tebing, dan sebagainya

 

 

 

 

8. Transportasi

Mengingat posisi Unand yang relatif jauh dari pusat kota Padang, yaitu ± 15 km, maka sejak bulan Februari tahun 1992 pihak Unand telah menyediakan transportasi khusus bagi warga kampus dari kampus ke Kapalo Koto dan Pasar Baru, begitu juga sebaliknya. Sumber dana pengadaan bus kampus berasal dari berbagai pihak, sumbangan dari presiden dan termasuk sumbangan mahasiswa sendiri.

 

 

 

 

9. Bumi Perkemahan Mahasiswa dan Tempat Evakuasi Sementara (TES)

Bumi Perkemahan Mahasiswa dan Tempat Evakuasi Sementara (TES) digunakan untuk UKM Pramuka Universitas Andalas yang terus mengadakan kegiatan tahunan yang disebut dengan FIESTA, tempat upacara bendera, lokasi evakuasi bencana di kota Padang dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya.

 

 

 

 

10. Banking Center

Bangking Center merupakan unit layanan yang memberikan dukungan bagi mahasiswa dan kariawan Universitas Andalas. Terdiri dari kantor cabang Bank Nagari, Bank Mandiri, dan Bank Mandiri Syariah (BSM).

 

 

 

 

11. Rumah Sakit Universitas

Jika seluruh proses dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, Rumah Sakit Universitas Andalas akan dapat beroperasi pada bulan Juli tahun 2016.

 

 

 

 

12. Rumah Sakit Gigi dan Mulut

Setiap Fakultas Kedokteran Gigi diwajibkan mempunyai Rumah Sakit Gigi dan Mulut.  Fasilitas ini digunakan oleh tempat praktek mahasiswa, melayani karyawan dan pasien umum.

 

 

 

 

13. Gudang dan Pool Mobil

Untuk menata kampus lebih rapi dan nyaman, Universitas Andalas  juga telah membangun gudang dan dan gedung pusat pemeliharaan dan penyimpnan. Sepanjang sejarah Universitas  Andalas,  baru tahun 2014 dibangun gudang besar untuk berbagai keperluan penyimpanan dan pemeliharahan aset.

Gudang ini juga dilengkapi dengan beberap grasi mobil pemadaman kebakaran, bus operasional, truk dan lain-lainnya. Di sekitar gudang ini juga telah dibangun  tempat cuci kenderaan yang dapat doperasikan secara komersial kepada umum dan dapat sebagai unit usaha yang dapat mendatangkan pendapatan bagi Universitas Andalas.

 

 

 

 

14. Pusat Pengelohan Sampah Terpadu (PPSTP)

Unand memproduksi cukup banyak sampah setiap harinya.Sampah ini juga telah dikelola dengan sistem yang dirancang oleh beberapa dosen dari Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik. Untuk mengoptimalkan nilai sampah, serta menciptakan lingkungan sehat, bersih, serta untuk mengubah pandangan dan perilaku masyarakat terhadap sampah dan untuk mendidik masyarakat peduli pada lingkungan. Sampah yang selama ini dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Kota Padang telah dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai ekonomis dan dimanfaatkan untuk kepentingan pupuk tanaman di lingkungan kampus. Pupuk yang dihasilkan telah dapat dijual secara komersil kepada masyarakat dan pengusaha. 

 

 

 

 

15. Padang Pengembalaan dan Pemeliharaan Sapi

Padang gembalaan dan pemeliharaan sapi  dikelola oleh Fakultas Peternakan Universitas Andalas, dimana tempat ini adalah tempat kegiatan-kegiatan mahasiswa didalam belajar praktikum di lapangan di lokasi padang  gembalaan ini. Padang gembalaan ini telah ditanam ditanam rumput gajah sebagai bahan makanan bagi ternak sapi. Nantinya padang gembalaan akan dijadi sebagai tempat menitipkan hewan ternak masyarakat yang masih berkeliaran di dalam lingkungan kampus Universitas Andalas.