Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri Universitas Andalas melalui Jalur SMMPTN Barat dan PMB D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

Fina Syalsyafilah

  • + Prodi: Ilmu Peternakan
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Fina Syalsyafilah, yang akrab disapa Fina terdaftar sebagai mahasiswa Fakutas Peternakan Universitas Andalas pada tahun 2013 lahir di Cupak (Kab. Solok) pada tanggal 15 Januari 1995. Fina merupakan anak kedua dari empat bersaudara, putri dari pasangan ayahanda Resolinda S.Pd dan ibunda Hj. Rosiariani. Ayah fina berprofesi sebagai kepala sekolah di SMP N 04 Bukit Sundi, sang ibu berprofesi sebagai pedagang dan Abangnya Aga Perdana berprofesi sebagai Dokter di Kalimantan Barat, sedangkan kedua adiknya masih sekolah.

Fina telah menempuh pendidikan di TK Setia Budi Perbaungan, Sumatera Utara (2000-2001), SDN 12 Koto Baru, Solok tahun (2001-2007), SMP N 2 Gunung Talang (2007-2010), SMA N 1 Gunung Talang (2010-2013). Pada tahun 2013 Fina tercatat sebagai mahasiswa di Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Andalas melalui tes SBMPTN. 

Pada tahun 2007, Fina mulai mengikuti latihan bela diri KARATE yang tidak jauh dari tempat tinggalnya yaitu di Gor Batu Batupang Kabupaten Solok, awalnya ia hanya ingin mencoba coba, sampai akhirnya mulai mencintai KARATE sehingga menjadikan bela diri satu ini sebagai hobinya, dari SMA Fina memulai karirnya sebagai Atlet KARATE, mulai dari tingkat daerah hingga Nasional, walaupun hanya selalu mendapatkan peringkat III dari empat kejuaraan KARATE yang diikutinya selama SMA, tidak membuatnya untuk berhenti berlatih, selama SMA ia juga sudah dua tahun berturut turut menjadi perwakilan sekolahnya dalam Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN) tingkat kabupaten.

Masuk ke Perguruan Tinggi tidak membuatnya berhenti untuk mencintai hobi beladirinya itu, Fina malah mencari Organisasi Mahasiswa yang dapat mendukung hobinya itu, sampai akhirnya Fina memutuskan untuk bergabung dengan UKM Pandekar Universitas Andalas.

Aktif berorganisasi di UKM Pandekar Universitas Andalas dari tahun 2013 sebagai anggota, sebagai coordinator dana dan usaha periode 2015/2016, dan menjadi sekretaris jenderal periode 2016/2017. Selama menjadi pengurus di UKM Pandekar, sudah banyak Kepanitiaan yang diikutinya, termasuk mengangkatkan kejuaraan Silat tingkat Sumatera Barat, kejuaraan Karate tingkat Sumatera, dan klejuaraan Taekwondo tingkat Sumatera Barat.  Pada tahun 2014 menjadi pelatih dan koordinator unit Karate di UKM Pandekar. 

Selain itu ia juga aktif di Majelis Sabuk Hitam Lemkari Sumetara Barat, selama dibangku perkuliahan Fina pernah meraih medali perunggu pada kejuaraan Karate Antar Perguruan Tinggi se-Sumatera di Politeknik Negeri Padang tahun 2014 dan Kejuaraan Karate Antar Mahasiswa di Universitas Andalas tahun 2016, Fina juga terpilih sebagai salah satu atlet mewakili Kota Solok di ajang PORPROV 2014 di Dharmasraya. Tahun 2016 Fina lulus menjadi pendatang baru Wasit/Juri Karate Lemkari Sumbar dan terpilih menjadi salah satu Wasit/Juri Karate pada kejuaraan Lemkari se-sumatera dan Kejuaraan Lemkari se Kota Padang pada tahun 2017.

Dari prestasi yang diperolehnya Fina mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Aktivis Kampus pada wisuda periode II tahun 2018, Universitas Andalas. Penghargaan ini membuat Fina dan orangtua bangga serta berterimakasih kepada teman-teman yang selalu mendukung sehingga mendapatkan penghargaan ini.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 130 times
More in this category: « Z.A. Prima Putri