Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri Universitas Andalas melalui Jalur SMMPTN Barat dan PMB D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

Hilma Faizah

  • + Prodi: Managemen
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Sebuah kebahagiaan yang luar biasa apabila kita dapat bermanfaat bagi orang lain. Tetaplah menjadi baik dan belajar baik meskipun tidak pernah dianggap baik oleh orang lain. Prinsip seperti itulah yang ia coba terapkan dalam hidup ini.

Hilma Faizah, teman-teman biasa memanggil Hilma atau Ima anak pertama dari empat saudara. Lahir di Sungai Penuh tanggal 5 Desember 1995 dari pasangan bapak Eri Jasman dan ibu Syafnita.

Ia di sekolahkan mulai dari TK hingga menamatkan studi di jenjang Universitas seperti saat sekarang ini. Pada saat TK ia didaftarkan di SD Islam Terpadu Amanah di Sungai Penuh. Disana diajarkan tentang ilmu membaca al-Qur’an dan menghapal hadist-hadist serta bermain seperti anak-anak pada umumnya.

Setelah tamat dari TK, ia di sekolahkan di SD Islam Terpadu Amanah di Sungai Penuh karena orang tuanya merasa bahwa belajar ilmu agama harus diajarkan pada anak dari usia dini.

Disana ia diajarkan tentang ilmu agama seperti belajar tentang praktek ibadah, al-Qur’an -hadist, Qiro’ati dan bahasa Arab. Pada saat SD, ia juga pernah mengikuti lomba hafalan al-Qur’an yang terfokus pada juz 30.

Setelah melanjutkan bangku sekolah dasar, ia melanjutkan ketingkat menegah pertama. Saat kelas 2 SMP ia pernah mendapat beasiswa berprestasi dari pihak sekolah.

Setelah menyelesaikan bangku menengah pertama, ia memilih untuk bersekolah di SMAN 1 Kota Sungai Penuh. 

Dibangku kelas dua SMA, ia masuk jurusan IPA karena ia sangat menyukai pelajaran hitung-hitungan dibandingkan hafalan dan ia juga bercita-cita ingin menjadi Scientist karena ia sangat menyukai pelajaran Kimia. 

Disaat SMA ia tidak mengikuti ekstrakulikuler seperti siswa SMA pada umumnya. Ia lebih memilih untuk di rumah dan membantu orang tuanya sepulang sekolah. 

Selama SMA ia juga tidak mengikuti lomba-lomba. Tapi ia hanya focus untuk mengejar cita-citanya yaitu dengan belajar. Dia memilih untuk les kimia dan matematika dari uang yang ia tabung sendiri. Saat kelas2 dan3 SMA ia pernah mendapat beasiswa berprestasi dari pihak sekolah.

Setelah kelulusan di bangku menengah atas ia sangat ingin untuk melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi. Orang tuanya ingin mengusahakan halter sebut dengan syarat harus bersekolah di Perguruan Tinggi Negeri karena untuk sekolah swasta biayanya terlalu mahal. 

Dan orang tuanya hanya berharap anaknya lulus beasiswa bidikmisi. Dan Alhamdulillah ia lulus di Universitas Andalas dengan Jurusan Manajemen, meskipun bukan jurusan yang ia inginkan.

Dan Alhamdulillah untuk masalah uang kuliah dan uang saku sendiri dibantu oleh beasiswa bidik misi sehingga orang tua ia tidak perlu khawatir untuk biaya kuliah sendiri.

Di tahun pertama ia tinggal di asrama Universitas Andalas.

Selama menjadi mahasiswa ia tergabung dalam organisasi ekstra kampus atau organisasi kedaerahanya itu Ikatan Mahasiswa Kota Sungai Penuh (IMKS) yang diajak oleh kakak tingkatnya tetapi tidak menjadi pengurus.

Dari awal kuliah ia belum tertarik mengikuti organisasi tapi saat berada di asrama, ia diajak oleh teman sekamarnya. Akhirnya ia hanya mencoba untuk mengikuti Open Recruitmen pengurus Asosiasi Mahasiswa Asrama (AMA). Disana ia terpilih sebagai anggota Departemen Olah Raga pada periode 2014/2015.

Disaat yang sama ia juga tertarik mengikuti organisasi di Universitas tetapi ia terlambat mengetahui informasi tentang Open Recruitment di UKM Neo Telemetri. Akhirnya ia hanya focus pada organisasi di asrama saja.

Selama menjadi mahasiswa asrama ia juga mengikuti lomba kaligrafi dan lomba Nasyid per grup pada tahun 2014 di tingkat asrama.

Semenjak pindah dari asrama dan tidak mengikuti organisasi lagi, ia merasa bosan hanya kuliah-pulang saja. Sehingga pada tahun 2015 ia mengikuti BEMKM Fakultas Ekonomi periode 2015/2016 dan terpilih sebagai Sekretaris Departmen Kepemudaan dan Sosial.

Ditahun 2016 ia menjadi pengurus Ikatan Mahasiswa Kota Sungai Penuh (IMKS) pada periode 2016/2017 dan terpilih sebagai Kepala Divisi PSDM.

Dan disaaat yang sama ia juga mendaftarkan diri di UKM Neo Telemetri yang ia inginkan dari awal dengan modal niat dan semangat karena ia tidak memiliki bekal atau basic dalam bidang IT, ia mencoba mengikuti Open Recruitment 8 UKM Neo Telemetri. Banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang ia dapat disini. Baik dari skill, softskill bahkan keluarga baru yang sangat hangat menerimanya.

Selain itu selama menjalani proses open recruitment ia juga ikut menulis   beberapa karya ilmiah, seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Karsa Cipta dan Kewirausahaan tahun 2016 namun tidak terpilih untuk tingkat universitas.

Selama mengikuti proses open recruitment yang panjang, ia dan teman-temannya saling menyemangati dikarenakan ia harus membagi waktu antara kuliah dan melewati proses open recruitmen dengan banyak rintangan yang ada. Akhirnya ia pun terpilih menjadi salah satu anggota UKM Neo Telemetri.

Sebelum menjadi pengurus UKM Neo Telemetri, ia magang sebagai anggota Research and Development (RnD). Dari sinilah ia belajar tentang organisasi lebih banyak lagi, belajar public speaking dan disana ia juga ikut membantu program kerja dari divisi RnD.

Setelah mengikuti magang, ia pun menjadi pengurus di UKM Neo Telemetri. Pada periode 2017/2018 dan ia terpilih sebagai Koordinator Research and Development. Dari sinilah ia juga belajar memahami perilaku setiap orang dengan isi kepala yang berbeda-beda dan mencoba memecahkan beberapa masalah jika menyangkut internal organisasi.

Selama menjadi pengurus UKM Neo Telemetri, ia juga pernah menjadi volunteer pada Desa Binaan KM UNAND pada tahun 2017.

Begitu banyak hal berharga dan menarik yang ia rasakan selama menjadi mahasiswa di Universitas Andalas. Dalam pemahamannya yang masih tidak seluas orang lain, ia berpikir bahwa dalam hidup ini bekerjalah dengan baik atau bekerjalah dengan baik sekali. Dan wisuda ini dijadikan sebagai hadiah dan suatu bentuk bakti kepada orang tua karena telah membesarkan dan menyekolahkan anaknya sampai seperti ini.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 196 times