Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri Universitas Andalas melalui Jalur SMMPTN Barat dan PMB D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

Fiki Basuki

  • + Prodi: Teknik Industri 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Seorang anak yang memiliki mimpi dan cita-cita yang tinggi yang terus berjuang untuk menjadi anak yang membanggakan bagi kedua orang tuanya. Dibesarkan ditengah keluarga yang sederhana dan memiliki sosok ayah yang disiplin dan sosok ibu yang sangat tangguh menjadikannya seorang anak yang disiplin, tekun, pantang menyerah, dan memiliki berbagai prestasi. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diperolehnya sebagai Lulusan Terbaik Fakultas Teknik Universitas Andalas pada Wisuda II tahun 2018. 

Beliau adalah Fiki Basuki merupakan putra pertama dari Bapak Basrul Safwani dan Ibu Nelwati. Memiliki adik perempuan satu-satunya yang sangat ia sayangi bernama Anggun Oktavia yang sekarang sedang menempuh pendidikan S1.

Fiki Basuki yang akrab disapa Fiki lahir di Payakumbuh, 18 September 1995. Ia merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Andalas angkatan 2014. Menyelesaikan kuliah dalam waktu 3 tahun 10 bulan dengan indeks prestasi 3,64 merupakan suatu pencapaian yang luar biasa dan sangat ia syukuri. 

Berkuliah di jurusan yang terbilang sulit dan sangat menantang, mulai dari kuliah di kelas yang berbahasa inggris, praktikum yang berat, tugas kuliah yang banyak, jadwal perkuliahan yang padat, dan Tugas Akhir yang ditulis dalam bahasa inggris, menjadikan suka duka tersendiri dalam kehidupannya sebagai mahasiswa. 

Fiki mulai menempuh pendidikan di TK Indah Jelita Kota Payakumbuh tahun 2001-2002, melanjutkan pendidikan sekolah dasar di SDN 16 Payakumbuh tahun 2002-2008, lalu melanjutkan pendidikan di SMPN 7 Payakumbuh tahun 2008-2011, melanjutkan pendidikan di SMAN 2 Payakumbuh tahun 2011-2014, dan melanjutkan pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Andalas. 

Ia mulai menorehkan berbagai prestasi baik di bidang Akademik maupun Non Akademik selama menempuh pendidikan. Di bidang Non Akademik, beliau pernah menjuarai beberapa perlombaan, Juara lomba Pidato dan Melukis semasa pendidikan di Sekolah Dasar dan Juara lomba Pidato, Cipta Baca Puisi, dan Lomba Cerdas Cermat semasa pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. 

Di bidang Akademik, Fiki juga banyak menorehkan berbagai prestasi. Selama pendidikan di Sekolah Dasar, beliau selalu meraih ranking 3 besar. Berkat kegigihan dan ketekunannya dalam belajar,selama menempuh pendidikan di SMP beliau selalu meraih Juara Umum. 

Hal ini terus berlanjut sampai ke SMA, beliau lolos masuk kelas unggul dengan seleksi yang ketat. Berkat kegigihannya, beliau selalu meraih Juara 1 dan juga meraih Juara Umum Jurusan IPA. Beliau juga berhasil meraih juara bertahan selama dua tahun berturut-turut dalam perlombaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Matematika tingkat Kota dan Kabupaten. 

Tidak sampai sana, beliau juga mewakili Kota Payakumbuh untuk ikut pelatihan Olimpiade Matematika tingkat provinsi dan berhasil meraih Peringkat 4 tingkat Provinsi. Semua itu diraih berkat izin Allah SWTdan kecintaannya pada mata pelajaran matematika.

Selama menempuh pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fiki berhasil menjadi “Mahasiswa Berprestasi” Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik tahun 2017. Disamping itu, Fiki juga sering mengikuti perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional. Ditingkat nasional, beliau bersama rekannya berhasil masuk 8 besardalam perlombaan Industrial Design Competition di Batam. 

Ditingkat internasional, beliau bersama rekan satu timnya berhasil masuk 15 besar dalam perlombaan Industrial Challenge di Surabaya, Jawa Timur. Disamping itu beliau juga sering mengikuti seminar nasional maupun internasional. 

Beliau juga aktif menulis dan suka membaca novel maupun buku motivasi karya orang-orang sukses dibidangnya. Untuk mengisi kekosongan waktu selama kuliah, Fiki juga seringmengajar les privat untuk mahasiswa khusus mata kuliah Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, dan mata kuliah yang berhubungan dengan nalar dan hitungan. 

Organisasi yang pernah diikuti selama sekolah adalah menjadi Wakil Ketua OSIS selama menempuh pendidikan di SMP dan ikut kegiatan ekstrakulikuler bidang olimpiade selama SMA. Pada waktu kuliah, beliau tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Andalas dan Unit Kegiatan Himpunan IELC (Industrial Engineering Language Center). Beliau juga sering ikut dalam organisasi kepanitian, seperti Industrial Festival 2016 dan Industrial Engineering On Action tingkat internasional 2017.

Diakhir tahun perkuliahannya, akhirnya Fiki berhasil menyelesaikan Tugas Akhir dengan baik dan meraih gelar Sarjana Teknik. Tugas akhir beliau ditulis dalam bahasa inggris, disamping itu selama proses seminar proposal, seminar hasil, dan sidang, semuanya disampaikan dalam bahasa inggris. 

Hal tersebut tidaklah mudah dan menjadi tantangan tersendiri baginya, dan berkat izin Allah SWT, beliau berhasil meraih nilai memuaskan dengan memperoleh nilai A untuk nilai sidang dan tugas akhir. Dan alhamdulillah menjadi Lulusan Terbaik Fakultas Teknik Universitas Andalas pada Wisuda II tahun 2018.

Man jadda wajada, “siapa yang bersungguh-sungguh pasti ia mendapat”. Keberhasilan yang diperolehnya selama ini tak terlepas dari doa kedua orang tuanya dan dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat. Ayahnya selalu berpesan, “jadilah anak yang selalu rendah hati, jangan pernah sombong, ingat diatas langit masih ada langit, tetaplah belajar, selalu optimis, nikmati setiap proses yang dijalani, selalu berdoa dan berusaha”.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 197 times