Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri Universitas Andalas melalui Jalur SMMPTN Barat dan PMB D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

Fristantry Gicerly

  • + Prodi: Ilmu Hubungan International 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Anak ketiga dari pasangan Ayahanda Syafril dan Ibunda Dra.Bismiafiah ini diberi nama Fristantry Gicerly yang memiliki banyak arti. Fris diambil dari nama kedua orang tua beliau, Tantry yang berarti ‘Tuan Ketiga’, Cer yang berarti Cancer dan Ly memiliki arti bulan Juli. Hingga saat ini pun, Tantry, nama panggilannya sangat mengapresiasi bagaimana orangtuanya memikirkan nama yang begitu kompleks ini. 

Ia dilahirkan di kota Padang pada tanggal 16 Juli 1996 dan tumbuh besar bersama tiga saudara perempuan dan satu saudara laki-lakinya. Hobinya adalah menggambar dan melukis yang ingin ia jadikan sebagai profesi sampingan di masa depan karena kegemarannya tersebut. Sejauh ini ia sudah menerbitkan tiga judul komik lepas berbasis digital pada aplikasi Webtoon.

Tantry dibesarkan dilingkungan asrama polisi Alai dan menempuh pendidikan pertamanya di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 3 Alai serta melanjutkan pendidikan dasar di SD N 03 Alai Padang. 

Setelah itu, ia diterima sekolah di SMP N 7 Padang dan mendapatkan tawaran untuk masuk di kelas bilingual sebelum akhirnya gempa 30 September 2009 terjadi. Walaupun begitu, ia berhasil menorehkan prestasi dengan menerima beasiswa, mengikuti olimpiade dan mendapatkan juara kelas. Hingga akhirnya Tantry memutuskan mengikuti seleksi ujian Mandiri untuk masuk di SMAN 3 Padang yang dulu berbasis RSMABI (Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional). 

Dengan segala usaha dan pertolongan dari Allah SWT, ia akhirnya lolos seleksi dan diterima menjadi siswi di sekolah tersebut. Ia pun aktif dalam organisasi sekolah seperti anggota MPK dan anggota ekstrakulikuler BK. Di tahun 2014, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi Unand, yakni jurusan Ilmu Hubungan Internasional dengan mengikuti seleksi SNMPTN di sekolah dan berkat doa serta puji syukur kepada Allah SWT, ia dinyatakan lulus dan menjadi mahasiswi Ilmu HI Unand 2014.

Tidak banyak prestasi non-akademis yang ia raih, tetapi  ia selalu aktif pada kegiatan kampus dengan mengikuti kegiatan kepanitiaan jurusan, sebagai koordinator divisi di HIMA dan menjadi member AIESEC periode 2016/2017 yang menjadikannya sebagai pribadi yang disiplin, berkarakter dan penuh rasa tanggung jawab. 

Pada tahun 2017, dirinya mengikuti seleksi Duta Bahasa Sumatra Barat dan terpilih menjadi Wakil III Duta Bahasa Sumatra Barat 2017. Ia juga mendapatkan anugerah sebagai salah satu Mahasiswa Berprestasi FISIP di tahun yang sama. 

Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa dalam hidupnya dengan dampingan cinta dan kasih sayang dari keluarga, setelah akhirnya ia pun menyelesaikan studi tepat waktu pada Maret 2018. Berkat kegigihannya, pada wisuda II Universitas Andalas tahun 2018, ia berhasil menyandang gelar S.IP dengan IPK 3,77 sebagai Lulusan Terbaik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ucapan syukur yang tiada henti ia haturkan pada penciptanya yang mengizinkan ia menikmati kesempatan dan pencapaian yang didapat selama ini.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 169 times