Visi dan Misi Universitas Andalas  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Teten Febriawan

  • + Prodi: Biologi
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Teten Febriawan mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas mengikuti program Singapore Indonesia Youth Leadership Exchange Programme (SIYLEP) yang berlangsung dari tanggal (9-25/11) yang lalu.

Dikatakannya program ini merupakan kerjasama kementerian pemuda dan olahraga Republik Indonesia dengan Kementerian Pemuda dan Budaya Singapura yang diselenggarakan oleh National Youth Council of Singapura.

“Sebanyak 20 orang mahasiswa Indonesia dari berbagai provinsi ikut bagian dalam program ini,”ujarnya.

Program ini mengangkat tema Inovation and Entreprise yang terdiri dari empat pase yaitu fase utama Pre-Departure Training, Fase Singapure, Fase Indonesia dan Re-Entry.

Pada fase pre departure training ini merupakan fase pembekalan untuk para delegasi dalam menjalani rangkaian SIYLEP. “Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 9-25/11 ini terbagi atas dua sesi yaitu sesi dalam kelas dan luar kelas,”ungkapnya.

Ditambahkannya untuk sesi luar kelas ia mengunjunggi ke beberapa tempat seperti Jakarta Creative Hubdan Kantor Gojek Indonesia sedangkan untuk sesi dalam kelas ia menjalani diskusi dengan berbagai narasumber yang kompeten dibidangnya.

Kegiatan ini ditutup dengan malam innaguration dimana para delegasi dilepas secara resmi untuk mengemban tugas sebagai duta muda Indonesia.

Fase Singapura dimana seluruh delegasi menjalani beragam aktivitas seperti kunjungan ke pusat-pusat start-up hingga Focus Group Discussion (FGD) serta juga mengunjunggi kedutaan besar Republik Indonesia yang berada di Singapura.

Selanjutnya Fase Indonesia merupakan fase dimana seluruh delagasi tinggal bersama masyarakat dan ikut menjalani kegiatan aktivitas kesehariannya serta belajar  mengenai budaya local dengan mengunjunggi beberapa lokasi sejarah dan wisata yang ada.

Dalam fase ini delegasi juga berbaur dan berkomunikasi secara langsung kepada masyarakat setempat dalam rangka mengenal potensi yang terkandung didaerah tersebut.

Adapun yang menjadi tuan rumah dalam fase ini adalah Pekanbaru dan akan melakukan berbagai kegiatan di antaranya di Kabupaten Kampar dan Buluh Cina.

Kemudian Fase Re-Entry yang merupakan fase penutup dengan mempresentasikan langkah kongkrit yang akan dilakukan kedepannya pasca mengikuti program ini sehingga program ini dapat memberikan dampak positif bagi orang lain terutama bagi delegasi sendiri.

Kegiatan ini diharapkan dapat membarikan perubahan yang lebih baik bagi generasi muda indonesia sebagai penerus kepemimpinan bangsa ini kedepannya. 

Humas dan Protokol Unand  

 

Read 232 times
More in this category: « Mutia Ilham