Herlambang Tinasih Gusti

  • + Prodi: Agroekoteknologi
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Herlambang Tinasih Gusti mahasiswa Agroekoteknologi Fakultas Pertanian tahun 2014 menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia dalam program Summer Course yang di selenggarakan oleh Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Internastional Universitas Andalas di Perfectoral University of Hiroshima Jepang.

Ia bersama Mochammad Farhan Aturullah dari Fakultas yang sama dan tiga mahasiswa lainnya berasal dari Universitas Jember.

Program ini berlangsung selama 10 hari dari tanggal 17-27 Agustus 2017, disana ia bertemu dengan mahasiswa lainnya dari negeri lain seperti Malaysia, Vietnam.

Ada banyak pengalaman yang ia peroleh dari program ini dimulai semenjak ia menginjak kaki di negeri sakura tersebut seperti antrian di Kansai International Airport yang begitu panjang tetapi tidak membuat menunggu terlalu lama karena semua bejralan begitu cepat, antrian yang terarur segera selesai. 

Menurutnya disana masyarakatnya begitu disiplin dan teratur meskipun dalam hal-hal yang kecil sekalipun.

Program Summer Course yang diadakan oleh Prefectural University of Hirsohima, menghantarkannya dalam mewujudkan keinginan untuk bisa menimba inspirasi di negeri Sakura. 

Kegiatan yang begitu singkat tetapi sarat akan makna yang tidak terlupakan, karena begitu berkesan perjalanan singkat kami selama 10 hari, berdiskusi, berbagi cerita dan belajar banyak dari negeri sakura ini.

Dihari pertamanya ia mengikuti kelas Bahasa jepang bersama Nakaishi Sensei setelah itu ia mempelajari kebudayaan teradisional jepang mengenakan Yukatta (baju tradisional jepang) dan juga berkesempatan untuk mengunjungi secretariat PPI (Persatuan Pelajar Indoensia) di Hiroshima.

Karena program ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 72, ia bersama pelajar Indonesia lainnya menggikuti upacara peringatan HUTRI di Kagamiyama Park, Higashi Hiroshima.

Setelah itu, ia berangkat ke Shobara untuk mempelajari bagaimana system pertanian masyarakat Jepang, karena Shobara Hiroshima menjadi salah satu wilayah pengahasil produksi tertinggi tanaman sayuran di Hiroshima.

“Teknologi pertanian di Jepang bisa dijadikan referensi untuk mengembangkan pertanian di Indoensia,”ujarnya.

Ia diberikan kesempatan untuk melakukan pemamenan tanaman tomat, radish, dan bayam, disamping itu ia juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan potensi pertanian yang ada di masing – masing negara asal.

ketika ia memaparkan pesona alam dan potensi pertanian di Indonesia peserta yang hadir di ruangan itu sangat antusias bahkan beberapa professor mengajukan pertanyaan tentang apa yang saya presentasikan. 

“Mahasiswa di shobara sangat senang dengan kedatangan kami, bahkan disambut dengan party BBQ yang pasti semua makanan yang disajikan terjamin kehalalanya ,”ungkapnya.

Sebelum meninggalkan Shobara Profesor Harada  yang juga direktur Pascasarjana Prefectural University of Hiroshima mengajaknya untuk menikmati makanan khas Hiroshima yaitu Okonomiyaki dan memperkenalkan Laboratoriumnya. 

Hari berikutnya ia berangkat ke Hiroshima City, tempat dimana ia pelajar lainnya belajar kebudayaan Jepang. 

“Beberapa tempat yang kami kunjungi yaitu Peace Memorial Park tempat dimana jatuhnya bom atom ketika perang dunia ke II, Miyajima, Hiroshima Castle dan Hondori Street,”sambungnya.

Ia berpesan kepada teman-teman yang lain “percayalah suatu saat kita akan bisa meraih mimpi kita, terlepas seperti apa background kita sekarang yakinlah jikalau kita yakin akan keberhasilan mimpi kita maka kita akan berhasil, terlepas dari semua anggapan negative tentang diri kita”.

Teman, bukan berarti kita yang terbatas dalam ekonomi memiliki keterbatasan dalam segala bidang, tidak..!!

Justru kita yang terbatas ini bisa menjadi tak terbatas dalam bidang lain, karena “keterbatasan tidak membatasi kita untuk menjadi yang tak terbatas..”.

Maka, buktikan teman, kalau kamu bisa meraih mimpimu, catat mimpi itu, tempelkan di tempat yang sering kamu lihat, tekadkan bahwa kamu bisa mewujudkannya dan bertawakal kepada Allah dan bersiaplah dengan kejutan yang Allah berikan.

Semoga bisa memetik insiprasi dari kisah singkat saya bertemu dengan “Hiroshima”.

Ucapan terimakasih kepada bapak Munzir Busniah selaku Dekan Fakultas Pertanian yang telah memberikan support dalam persiapan menuju Hirsohima, Terimakasih kepada Buk Irawati Caniago Wakil Dekan I Fakultas Pertanian karena berkat perjuangan beliau saya bisa berkesempatan untuk mengikuti Summer Course ini, serta kepada bapak Wakil Dekan III Fakultas Pertanian dan Buk Gusmini yang telah banyak member support beserta motivasi kepada saya. 

Terimakasih kepada International Office Universitas Andalas yang telah membantu kelancaran kegiatan ini serta Terimakasih kepada Universitas Andalas dan Beastudi Etos yang telah membuat saya berkesempatan untuk meraih mimpi saya dan memberikan inspirasi kepada Indonesia dan bertemu dengan Hiroshima.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 563 times