Penerimaan Mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur  Klik tombol ini untuk selengkapnya
Toggle Bar

Fildzah Amalia Aziz

  • + Prodi: Ilmu Komunikasi 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Fildzah Amalia Aziz  merupakan  salah satu dari 48 orang yang lulus dalam seleksi untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa yang diadakan oleh Universitas Andalas (Unand). 

Fildzah yang akrab dipanggil ini merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas ISIP Universitas Andalas angkatan 2014 yang mengikuti program student mobility ke Ludwig Maximilians Universitat (LMU) di Munich, Jerman.  Program yang bernama "Summer Academy : Management Practices and Corporate Communications in a Global Environment” merupakan program yang ditujukan bagi mahasiswa internasional. Program ini berlangsung pada 1 -31 Agustus lalu. 

Tahun ini ada tiga program yang dapat diikuti oleh oleh mahasiswa yaitu Student Mobility, Credit Earning, dan Short Course. Tidak hanya itu, Fildzah diberikan kebebasan oleh Unand untuk dapat memilih kampus dan negara yang diinginkan dalam menempuh studinya. Ini merupakan impian fildzah yaitu menempuh studi di luar negeri. 

Fildzah sendiri juga merupakan Alumni dari SMA Negeri 1 Padang. Fildzah adalah anak kedua dari lima bersaudara. Fildzah lahir dari pasangan Abdul Aziz dan Umul Huda Alchair. 

Menjadi suatu kebanggaan bagi Fildzah dalam menempuh studi ke sebuah negara yang sangat terkenal di bidang pendidikan, ekonomi, otomotif dan juga latar belakang negara yang penuh dengan sejarah itu. 

Selama belajar kurang lebih 1 bulan di Munich, ia banyak mendapat pengalaman baru. Ia juga tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam perbedaan budaya dan tata cara kehidupan di negeri Bavaria tersebut. Ia bahkan merasa tertantang dalam mencoba menyesuaikan diri akan hal tersebut. 

Sebagai salah satu delegasi asal Indonesia yang mengikuti program ini di LMU, Fildzah di wajibkan untuk dapat memperkenalkan budaya Indonesia kepada mahasiswa yang berasal dari berbagai negara seperti Spanyol, Amerika, Rusia, Brazil, Italia, Jepang, China, India dan Australia. Selain itu, pada saat perayaan 17 Agustus 2017, Fildzah mengenakan pakaian Batik dan menjelaskan pakaian batik adalah pakaian tradisional Indonesia. 

Selama menjalankan perkuliahan, Fildzah mengikuti kelas mahasiswa Internasional, mata kuliah yang distudikan berhubungan dengan komunikasi dan manajemen perusahaan. Diceritakan fildzah, ada persamaan proses belajar di LMU dan di Unand yaitu mahasiswa dituntut untuk aktif di kelas dalam berdiskusi dan dosen hanya menjelaskan apa yang tidak diketahui oleh mahasiswa. Namun, selama belajar di LMU ada juga yang ia rasakan perbedaannya yaitu disana lebih banyak menggunakan studi kasus dalam setiap pembelajaran. 

Sebelum berangkat, ia sering mendengar bahwa memakai jilbab adalah suatu hal yang dianggap ‘berbahaya’ di negara tersebut , namun setelah berada disana, ia dapat membantah hal tersebut , dikarenakan bahwa masyarakat dinegara tersebut menghargai perbedaan tersebut yang salah satunya adalah memakai jilbab.  Namun ada beberapa tradisi penduduk Bavaria tidak bisa ia coba, salah satunya adalah tradisi minum bir yang merupakan minuman wajib disetiap acara yang ada di negeri tersebut.

Selain mengikuti perkuliahan, Fildzah juga melakukan kunjungan kebudayaan ke Museum, Castle serta beberapa bangunan bersejarah yang ada di Jerman. Ia juga menyempatkan diri di akhir pekan untuk mengunjungi beberapa negara lainnya. Ia dapat melihat secara langsung keindahan menara Eiffel di Paris, berkeliling di Muse de Louvre dan dapat melihat lukisan Monalisa yang asli. Tidak hanya itu, ia juga berkunjung ke gunung Titlis, Switzerland yang memiliki salju abadi, serta mengunjungi Salzburg, Austria untuk melihat bangunan bersejarah dan keindahan di kota musik tersebut. 

Pengalaman yang ia lakukan memberikan pengalaman baru bagi nya. Perjalanan ini membuat Fildzah belajar untuk menghargai setiap proses yang dilakukan, karena setiap mimpi yang dimiliki dalam hidup dapat diraih jika bersungguh-sungguh untuk menggapainya. 

Humas dan Protokol Unand 

 

 

 

Read 629 times