Salmi Seprianti

  • + Prodi: Kimia
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Salmi Seprianti lahir di Padang pada tanggal 1 September 1995. Salmi begitu ia sering disapa adalah putri dari pasangan Zulhemi dan Desmayenti. Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara. Sebagai anak sulung ia bertekad untuk menjadi sosok yang membanggakan bagi keluarganya. 

Selama menempuh pendidikan mulai ketika ia belajar di SDN 13 Kapalo Koto, SMPN 14 Padang dan SMAN 10 Padang ia dikenal sebagai anak  yang rajin, gigih, dan memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga hampir selalu meraih juara kelas. 

Kimia merupakan pelajaran favoritnya di SMA, kesukaannya pada kimia membuat Salmi memutuskan untuk memilih jurusan kimia UNAND sebagai pilihan pertama pada SNMPTN. Meskipun banyak yang kecewa dan meremehkan jurusan yang ia pilih, namun Salmi tetap tidak mempedulikan hal tersebut karena baginya hidup bukan orang lain yang menentukan, tapi diri kita sendiri. Berkat keyakinan dan kegigihannya ia lulus dan menjadi salah satu mahasiswa kimia pada tahun 2013.

Sejak awal kuliah sampai berhasil mendapatkan gelar sarjana, Salmi telah banyak mengikuti berbagai kegiatan mulai dari kegiatan akademis seperti kuliah, seminar, praktikum, dan menjadi asisten praktikum di Laboratorium Kimia Dasar dan di Laboratorium jurusan Kimia. 

Selain kegiatan akademis ia juga mengikuti berbagai kegiatan non-akademis. Kegiatan non-akademis yang pernah ia ikuti antara lain mengikuti lomba Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang ia ajukan bersama dua orang temannya hingga lulus di tingkat universitas pada tahun 2016 lalu. 

Tak hanya PKM Salmi juga aktif berorganisasi dan menjadi panitia pada beberapa acara. Tercatat, ia pernah ikut serta pada kepanitian Lomba Kimia XX pada tahun 2017 sebagai tim soal yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) UNAND. 

Selain di HIMKA UNAND ia juga ikut berorganisasi sebagai anggota Divisi Danus di Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) LP2I FMIPA UNAND pada tahun 2015-2016. Disamping menjalani kegiatan perkuliahan, berorganisasi dan menjadi asisten praktikum, ia juga bekerja sampingan sebagai guru les pada salah satu Bimbel di kota Padang. 

Meskipun disibukkan dengan berbagai kegiatan hal itu tidak menghalanginya untuk menyelesaikan masa studinya sebagai mahasiswa. Salmi berhasil menyelesaikan studinya dalam kurun waktu 3 tahun 11 bulan dengan IPK 3,81. Ia juga meraih predikat lulus “Dengan Pujian” serta menjadi lulusan terbaik pada wisuda III tahun 2017 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas.

Ia sangat bersyukur atas prestasi yang diraihnya. Menurutnya, prestasi yang ia peroleh bukan karena kecerdasannya, namun karena kegigihannya dalam belajar.

Ia memiliki prinsip bahwa "everything comes with a price". Selain itu, apa yang ia peroleh hingga saat ini juga tak lepas dari doa dan dukungan dari keluarga. 

Humas dan Protokol Unand

Read 942 times