Penerimaan Mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur  Klik tombol ini untuk selengkapnya
Toggle Bar

Yuliandre Darwis, Ph. D

  • + Prodi: Ilmu Komunikasi 
  • + Status: Dosen 

Pria yang akrab disapa dengan uda Andre ini menjadi panutan anak muda saat ini dengan berbagai prestasi yang ia raih mulai dibidang akademik, organisasi, hingga entrepreneur. Diusianya yang baru menginjak 37 tahun pada Juli lalu ia dipercaya menjadi Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Ia bisa dibilang sudah matang dalam bidang komunikasi dengan menyelesaikan pendidikan S1nya di Universitas Padjajaran Bandung dan  lulus sebagai Sarjana Komunikasi pada tahun 2004. Selain itu, gelar Master (S2) serta Doktor (S3) bidang Mass Communication and Media Studies (Komunikasi Massa) telah ia peroleh dari Universitas Teknologi Mara (UiTM), Shah Alam, Selangor, Malaysia pada 2010 silam.

Selain itu, ia juga terpilih sebagai duta muda UNESCO mewakili Indonesia ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Paris, Prancis.

Setelah menyelesaikan pendidikannya ia berprofesi sebagai akademisi dan pakar bidang komunikasi dan menjadi dosen Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Andalas. 

Bahkan ia juga meraih award sebagai juara 2 dosen entrepreneur Unand Award di tahun 2011. Disamping itu ia juga terpilih sebagai Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand. 

Selama menempuh pendidikan ia aktif berorganisasi baik ketika ia di Indonesia maupun di Malaysia bahkan pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa di Universitas Padjajaran sedangkan ketika di Malaysia ia aktif dalam organisasi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) dengan jabatan sebagai ketua.

Disamping aktif berorganisasi ia juga aktif di organisasi profesi dan bisnis seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Pada kongres Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) ke-VI yang dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia Tifatul Sembiring di Kota Padang, ia terpilih sebagai ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) periode 2013-2016.

Selain itu ia juga pernah meraih predikat “40 Inspiring Young Entrepreneurs" dari HIPMI ini pun sempat menjadi staf ahli di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada tahun 2015 mewakili daerahnya Sumatera Barat.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 488 times