Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Muhammad Fikri

  • + Prodi: Ilmu Ekonomi
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Muhammad Fikri, lahir di Bandar Khalifah tepatnya pada tanggal 20 Februari 1994, merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi 2012. Ia dibesarkan dari keluarga sederhana yaitu dari pasangan Amsal dan Khairotun. 

Awalnya ia berfikri kuliah bukanlah prioritas baginya, karena ia paham betul besarnya biaya kuliah saat itu. Tetapi, berkat kerja keras dan dukungan keluarga terutama kedua orang tuanya, akhirnya ia dapat berkuliah di Universitas Andalas melalui jalur PMDK.

Pemuda yang biasa di sapa Fikri ini, dahulunya tidak menyangka bisa masuk Universitas Andalas (Unand), Karena ia tidak terlalu berambisi untuk menjadi seorang pembesar. Cita-citanya hanya satu yaitu menjadi seorang guru dan dapat berkuliah di Universitas Keguruan yang lebih terjangkau. 

Baginya menjadi guru dapat merubah generasi menjadi lebih baik. Tetapi, ketika masuk Unand dan berkuliah di Fakultas Ekonomi, semua pemikiran itu berubah drastis karena dampak yang dihasilkan ketika menjadi guru sangatlah kecil dan sangat susah merubah lingkungan untuk menjadi lebih baik. Ternyata ktia memang harus menanamkan cita-cita untuk mejadi pembesar, agar hari esok akan menjadi lebih baik dan keterbatasan bukanlah alasan bagi kita, ujarnya.

Ketika berada di Unand pikirannya selalu membayangi agar selalu menjadi lebih baik. Kuliah sudah dijalani tetapi selalu saja berfikiran bahwa masih ada yang kurang. Tahun 2013 akhirnya ia memutuskan untuk masuk organisasi mahasiswa yaitu UKPM Genta Andalas. 

Menurutnya organisasi ini cocok untuk menunjang diri agar menjadi lebih berkembang, terutama dibidang kepenulisan. 

Tiga tahun lebih Fikri menghabiskan waktu di UKPM Genta Andalas, sudah banyak liputan yang diciptakannya dan sudah banyak acara tingkat nasional yang diangkat. Liputan mulai dari skala Nasional hingga skala kampus sudah ia liput dan pelatihan yang berbau jurnalistik juga sudah dijalaninya. Berkat dedikasinya, ketika menjadi pengurus ia diamanahkan untuk menjabat Kepala Divisi Penilitian dan Pengembangan (Litbang). 

“Tugas utamanya adalah membuat survei, acara, dan kaderisasi Genta,”ungkapnya.

Pada pertengahan 2015, ia ditarik oleh Dosen Ekonomi untuk menjadi asistennya. Hal baru pun dimulai dan asisten dosen yang saya emban bukanlah asisten pada umumnya di jurusan. Biasanya asisten hanya membantu dalam hal belajar-mengajar dosen, tetapi saya tidak. Tugas utamanya adalah membantu pembuatan projek dokumen daerah. Mulai dari pembuatan Master plan Pendidikan Pasaman Barat, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sijunjung 2016-2021, dan RPJMD Kota Sungai Penuh 2016-2021. 

Tidak hanya itu saja, di tahun 2016 merupakan puncak dari karirnya selama menjadi Mahasiswa, ketika itu ia ditarik menjadi staff Pusat Studi Keuangan dan Pembangunan (PSKP) FEUA. “Bukan hal yang mudah dalam menjalankan semua ini, tetapi inilah yang disebut dengan proses,” ujarnya.

Pada akhir 2017 tepat pada wisuda II, ia berhasil menyelesaikan masa kuliahnya dan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (SE) dari Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Ia yakin dengan apa yang dilakukan sekarang pasti akan merubah hari esok yang lebih baik.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 906 times