Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2017  Klik tombol ini untuk melihat Hasil
Toggle Bar

Wildan Rasyid

  • + Prodi: Profesi Apoteker
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2016

Wildan Rasyid, kelahiran Batusangkar, 20 Desember 1992, merupakan anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari pasangan berbahagia Jauhari dan Dahermaiti. Ia merupakan mahasiswa Fakultas Farmasi angkatan 2011 program S1 dan Angkatan 2016 program profesi Apoteker. Ia sebelumnya menempuh pendidikan di SDN 04 Kubu Rajo, SMP N 5 Batusangkar (Program Layanan Keunggulan) Tanah Datar, dan SMA N 3 Batusangkar (Program Layanan Keunggulan) Tanah Datar.

Sejak duduk di bangku SD sampai SMA ia sudah menuai banyak prestasi baik bidang akademik, maupun non akademik. Ia aktif dalam kegiatan-kegiatan akademis dan ektrakurikuler sekolah. Diantaranya sebagai pengurus remaja masjid, pengurus OSIS, kegiatan ekstrakurikuler olahraga badminton, anggota PBB, Pramuka, dan tim pioner Pramuka SMA N 3 Batusangkar. Tidak hanya sekedar aktif, pemuda yang berasal dari Batusangkar kota budaya ini sudah mengukir prestasi yang cukup membanggakan. Sejak dini, ia telah menjuarai ajang MTQ baik tingkat kecamatan, maupun kabupaten Tanah Datar. Bahkan saat duduk di bangku SMA ia telah menjuarai MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat, serta juga pernah mewakili Provinsi Sumbar dalam ajang FLS2N cabang tilawah tingkat nasional di Surabaya pada tahun 2010, Karena prestasinya juga ia mendapatkan reward Study Banding Siswa-Siswi Berprestasi Nasional dari Pemerintah daerah ke Singapura dan Malaysia.

“Membacalah niscaya kamu akan menguasai dunia, menulislah agar kamu mampu menapaki jejak langkahmu di dunia”, bak pujangga kecil, ia senang sekali dalam menulis. Terbukti dari kumpulan cerpennya yang ikut diajang kompetisi nasional semasa duduk di bangku SMA. Bahkan telah menorehkan prestasi Finalis LKTI tingkat Sumatera. Tidak itu saja, ia juga pernah dilantik menjadi Jurnalis Pramuka Sumbar oleh Ka.Kwarda Sumbar, Prof.H Marlis Rahman MSc.,PhD. Serta pernah bergabung di beberapa koran, diantaranya Dinamika Pramuka Sumbar dan Koran Pramuka Sumbar.

Kecintaannya pada kegiatan ekstrakurikuler terus belanjut saat pemuda bersuku chaniago ini menginjakkan kaki di Universitas Andalas tahun 2011. Tahun pertama ia sudah aktif di kegiatan kampus, maupun luar kampus. Ia dipercaya menjadi Ketua Anjangsana Fakutas Farmasi, menjadi pengisi acara di kampus, maupun di pemerintahan sebagai Qori (pembaca Al-Qur’an) dan pembaca doa.

Setahun berikutnya, Wildan mulai aktif di organisasi kampus, berawal menjadi ketua BBMK UKM PIKA Unand, hingga akhirnya diamanahkan menjadi Ketua Umum UKM PIKA (Pengembangan Ilmu dan Kandungan Al-Qur’an) Universitas Andalas tahun periode 2013-2014, di tahun yang sama ia juga menjadi staf di BEM Fakultas farmasi Unand.

“Berorganisasi menjadi warna tersendiri untuk menunjang prestasi akademik” Ia memandang berorganisasi sebagai bekal dalam membentuk kepribadian pemimpin, sedangkan prestasi akademik menjadi bekal menjadi mahasiswa yang cerdas dalam berpikir. Kesetaraan ini menjadi bekal keberhasilan seorang mahasiswa di dunia kampus. Tahun 2013 ia ikut dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang penelitian dibawah bimbingan Prof.Dr.rer.nat Dian Handayani, Apt. Syukur Alhamdulillah, bersama tim ia berhasil mewakili Unand menembus ke ajang PIMNAS XXVI di mataram, NTB.

Di tahun yang sama, ia sebagai ketua club MTQ BEM Fakultas Farmasi telah berhasil membawa Fakultas Farmasi menjadi Juara Umum Gema Muharram tingkat Kota Padang. Prestasi Wildan di cabang tilawatil qur’an perlu diacungkan jempol, ia pernah menjuarai MTQ tingkat mahasiswa se Sumatera Barat. Wildan juga menjadi utusan Universitas Andalas di ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa tingkat Nasional dicabang tartil Qur’an tahun 2013 dan Qiraat Saba’ah tahun 2015.

Selain kuliah dan aktif berorganisasi, Wildan juga menjadi asisten laboratorium Mikrobiologi Farmasi, Farmakognosi , dan Botani Farmasi.

Menjadi Penggiat sosial menambah kebahagiaan tersendiri bagi wildan, ia juga aktif di komunitas sosial RST (Rumah Shodaqoh Tsamaniyyah). Sekretaris RST ini merasakan dengan bergabung di komunitas sosial dapat mengajarkan kita akan sebuah kepedulian, kepedulian terhadap sesama. Merasakan setiap sedekah untuk senyum sesama. #BergerakUntuk Bermanfaat.

Bagi Wildan yang juga Guru LPQ berakreditasi A di kota Padang ini, slogan Bergerak Untuk Bermanfaat dapat diperoleh ketika kita mengasah diri di 3 lini kehidupan yaitu :

1. Profesionality (Profesi Diri)

2. Achievement of self (Prestasi Diri)

3. Sociality (kehidupan Sosial)

Cita-cita terbesar dalam hidup seorang Wildan Rasyid adalah menjadi kebanggaan keluarga, dan dapat bermanfaat untuk orang lain.  Sesuai hadist Rasulullah, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”(Al-Hadist).

Humas dan Protokol Unand

 

Read 670 times