Agus Dwi Santoso

  • + Prodi: Ilmu Ekonomi
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2011

Agus Dwi Santoso, merupakan salah satu mahasiswa Universitas Andalas Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi angkatan 2011. Pemuda yang biasa dipanggil Agus ini lahir di Blok A Piruko, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, pada tanggal 17 Agustus 1992. Agus merupakan anak ke 2 dari 2 bersaudara hasil pernikahan bapak Suwarso dan ibu Dwi Astutik. Agus merupakan alumni SMA N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, dan pada tahun 2011 diterima menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas melalui jalur PMDK. Setelah masuk ke Universitas Andalas, pada tahun pertama kuliah Agus langsung bergabung dengan  Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Andalas (MAPALA UNAND). 

Selama bergabung dengan MAPALA UNAND sudah banyak kegiatan dan prestasi yang telah diukirnya, antara lain mendapat peringkat 3 pada lomba maraton yang diadakan oleh departemen olahraga asrama mahasiswa Universitas Andalas tahun 2011. Mengikuti lomba lintas alam se- Sumbagut HIMAPEKA WARADIPA Universitas Lancang Kuning  pada tahun 2011. Dimana pada kompetisi ini berhasil meraih peringkat 3. Mengikuti lomba lintas alam alam wisata  yang di selenggarakan oleh Himalaya Oda dan KNPI  kota bukittinggi pada tahun 2012, yang mana pada ivent ini berhasil membawa pulang juara 1. Mengikuti lomba lintas alam bukit barisan xvii yang diadakan di lampung pada tahun 2012. Mengikuti lomba lintas alam wisata bareh solok pada tahun 2012 yang diadakan oleh pemerintah kota Solok. Mendapatkan peringkat 3 pada lomba maraton yang diadakan oleh UKOS Fakultas Teknik Universitas Andalas. Mengikuti Mountain Trail Run Indonesia Volcano Challenge 2013 di Cibodas – Taman Nasional Gunung Gede Pangrango – Jawa Barat, yang mana ivent ini diikuti oleh lebih kurang 200 peserta dari 12 negara. Menjadi delegasi dalam jambore Mapala Se – Kota Padang tahun 2015 yang diadakan di bumi Perkemahan Lemdikada Padang Besi. Menjadi delegasi dalam Temu Wicara Kenal Medan ke 27 yang dilaksanakan oleh MAPALASKA Universitas Singaberbangsa Karawang tahun 2016. Menjadi delegasi dalam pembentukan Gerakan Pesona Indonesia Sumbar dibawah arahan dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat di Hotel Grand Inna Muara 23 september 2016. Menjadi delegasi dalam Ekspedisi Nusantara Jaya tahun 2016 regional Padang di kepulauan Mentawai tepatnya di Taileleu dan Pei – pei.

Itu merupakan sebagian kegiatan dan prestasi yang pernah diukir selama menjadi Aggota MAPALA UNAND, ada juga kegiatan – kegiatan lain seperti pendakian gunung, susur goa, panjat tebing dan juga rafting yang pernah di lakukan. Selama di MAPALA UNAND ia juga aktif di kegiatan – kegiatan internal baik di kepanitian, instruktur pendidikan, menjadi pemateri dan juga aktif sebagai pengurus harian MAPALA UNAND. Pada periode pengurusan 2013/2014 agus dipercaya untuk menjadi pengurus di bidang Teknik Operasional Rimba Gunung dan bidang Perlengkapan dan Rumah Tangga. Pada periode Kepengurusan tahun 2014/ 2015 agus terpilih menjadi ketua MAPALA UNAND pada musyawarah besar tahun 2014.

Selain aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat universitas, agus juga aktif dalam kegiatan – kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HMJIE) baik sebagai peserta maupun sebagai panitia. Menjadi pengurus HMJIE tahun 2013 sebagai staff PSDM, sebagai ketua Student Day Jurusan Ilmu Ekonomi 2013 dan juga Panitia Economic Fair 2014.

Bagi agus berorganisasi merupakan suatu kesenangan tersendiri karena dari organisasi ini banyak hal – hal yang baru yang tidak kita dapatkan di perkuliahan, kita dapat bertemu dengan orang – orang baru dari segala daerah yang tentunya mempunyai kemampuan yang berbeda – beda disanalah kita dapat banyak belajar, saling bertukar fikiran, saling bertukar informasi dan juga membangun jaringan. Yang pasti apapun organisasinya asal diikuti dengan sepenuh hati dan sungguh – sungguh akan membawa dampak positif bagi diri kita sendiri dan lingkungan nantinya. Tapi bagi agus MAPALA UNAND tetap menjadi pilihan terbaiknya, karena disinilah tempat berproses, belajar dan juga mendapatkan keluarga baru di lingkungan yang baru. H

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1372 times