Annisa Huwaida

  • + Prodi: Teknik Lingkungan
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UNAND yang merupakan salah satu alumni SMAN 2  Pariaman ini bernama Annisa Huwaida. Dia lahir di Kota Pariaman dari pasangan bapak Usendri dan ibu Suarni AR pada tanggal 21 Mei 1995. Perempuan yang akrab dipangil Ica ini merupakan anak ke-2 dari 4 bersaudara. Meskipun dia dilahirkan dari keluarga sederhana tetapi tak menyurutkan niatnya untuk tetap berprestasi di dunia pendidikan.

Ica merupakan siswa yang aktif dalam bidang akademik sewaktu Sekolah Menengah Atas. Berbagai lomba telah ia ikuti dan pernah dua kali menjadi utusan Kota Pariaman dalam Olimpiade Sains Nasional bidang Biologi tingkat Provinsi Sumatera Barat. Tidak hanya berkecimpung di bidang akademik, dia juga seorang atlet catur tingkat Kota Pariaman. Saat SMA, ica juga ikut di organisasi non formal yaitu IRHAMNA. Organisasi ini merupakan organisasi kepemudaan di lingkungan tempat tinggalnya, bahkan ia adalah salah satu founder organisasi ini.

Di awal perkuliahan, Ica bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Unand. Di organisasi ini, dia aktif dalam berbagai kepanitiaan baik tingkat nasional ataupun regional. Beberpa kali ia juga mengemban amanah sebagai koordinator dalam beberapa acara. Selain itu, ia juga menjadi Pengurus HMTL periode 2015/2016. Ica juga merupakan pengurus dan anggota aktif Solid Waste Creative Team (SWCT). SWCT adalah organisasi yang bergerak dalam bidang pengelolaan sampah. Dalam SWCT, ica ikut serta mengadakan beberapa acara pengabdian masyarakat, memberikan materi dalam acara pengabdian masyarakat untuk daur ulang sampah dan ikut serta dalam event lainya. Meskipun ia telah berkiprah dalam organisasi jurusan, ia juga mengembangkan sayap untuk ikut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh BEM KM Unand sebagai panitia yang  direkrut melalui proses OR.

Prestasi Ica dalam bidang akademik juga cukup cemerlang. Ia berhasil menjadi mahasiswa berprestasi Jurusan Teknik Lingkungan angkatan 2013 dua kali periode. Selain itu ia merupakan asisten Laboratorium Air Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Andalas. Iapun berhasil menamatkan studinya 3 tahun 6 bulan sebagai wisudawan terbaik di Fakultas Teknik yang terkenal cukup sulit untuk ditaklukan ini dengan IPK 3,71. Meskipun kuliah yang padat merayap, penuh dengan praktikum, Tugas Besar, tugas-tugas kuliah yang lainnya dan kesibukan di organisasi yang tak kunjung berhenti, ia tetap yakin dapat menamatkan studinya dengan baik dan membanggakan kedua orang tuanya. Sesuatu yang penting untuk diingat, jangan pernah mengeluh atas segala rintangan yang sangat berliku di depan mata, karena dibalik kesulitan itu Tuhan mendatangkan kemudahan. Ia berhasil membuktikan bahwa menamatkan studi dengan baik tidak harus mengorbankan aktivitas organisasi yang mengasah softskill, tetapi menyeimbangkan antara akademik dan non akademik akan lebih baik dan menghasilkan yang terbaik.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1144 times