Yozi Putriani

  • + Prodi: agribisnis 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

“SUSAH adalah sebuah kata, hanya untuk orang-orang yang tidak mau berusaha dan berdoa”. Itulah salah satu kalimat penyemangat dalam hidup yang digunakan oleh Yozi Putriani, seorang mahasiswa Agribisnis, Universitas Andalas.

Yozi Putriani lahir di Sijunjung, tepatnya Nagari Lalan, Kecamatan Lubuk Tarok pada 08 Oktober 1993 dari pasangan Banizar dan Hasni yang merupakan anak ke tiga dari tiga bersaudara. Yozi merupakan mahasiswa Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas dan salah satu mahasiswa yang terpilih meraih penghargaan Bintang Aktivis Kampus Universitas Andalas pada Wisuda I Universitas Andalas pada tanggal 25 Februari 2017.

 Terpilihnya Yozi menjadi Bintang Aktivis Kampus tidak terlepas dari organisasi dan prestasi selama perkuliahan kurang lebih selama 4 tahun di Universitas Andalas. Tahun pertama Kuliah, Yozi mengikuti organisasi  Asosiasi Mahasiswa Asrama, Universitas Andalas. Yozi aktif dibidang PSDM AMA dari 2012 hingga 2013. Tahun kedua kuliah, Yozi bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Unand  semenjak 2013 hingga sekarang (karena keanggotaan di Mapala Unand seumur hidup). 

Hobi ini mengantarkannya bergabung ke organisasi ini. Berbagai proses dan kegiatan dilalui untuk menjadi anggota Mapala Unand. Mapala Unand  mengajarkan banyak hal mulai dari kegiatan yang belum pernah dilakukan seperti naik gunung untuk pertama kali, melakukan Rock Climbing untuk pertama kali, Arung Jeram untuk pertama kali dan masih banyak lagi. Hingga pada tahun 2015 Yozi menjadi delegasi dari Mapala Unand untuk mengikuti Temu Wicara dan Kenal Medan (TWKM) yang merupakan pertemuan Mapala se-Indonesia yang diadakan di Kerawang, Bekasi, Jawa Barat.

Pengalaman dan cerita baru banyak didapatkan dalam acara tersebut dan mengenal teman-teman se-Indonesia. Selain aktif berorganisasi, kesenanganan dalam menulis juga dijalani. Tahun 2013, Yozi bersama teman setim membuat Proposal Karya Ilmiah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari Dikti dan proposal tersebut tembus untuk didanai oleh dikti di tahun 2014. Tidak hanya sampai disitu, Yozi terus aktif menulis karya ilmiah lainnya. Di Mapala Unand yozi juga aktif menulis berbagai artikel, baik itu artikel perjalanan maupun artikel lainnya untuk dimuat di Lingua Franca Mapala Unand.

Berbagai kepanitiaan di Fakultas juga diikuti oleh Yozi, ia mengangkat acara tahunan Fakultas Pertanian yang di tunggu-tunggu setiap warga Pertanian dan Mahasiswa Universitas Andalas yaitu acara Agrinative yang merupakan acara Pesta Rakyat Pertanian. Selain itu, Yozi juga aktif menjadi asisten Dosen dalam mata Kuliah Ilmu Kependudukan pada tahun 2015.

Kesenangan berorganisasi dan berkegiatan tidak hanya sampai disitu, di penghujung tahun 2016, tepatnya pada 21 Oktober – 4 November 2016, Yozi mengikuti Ekspedisi Nusantara Jaya yang diadakan oleh Kementrian Maritim Indonesia di berbagai Pulau di Indonesia, salah satunya Kepulauan Mentawai, Indonesia. Demi mengikuti ekspedisi tersebut Yozi rela menunda wisudanya selama 3 bulan dan bergabung dengan tim ekspedisi, karena menurut Yozi, “dalam hidup, kesempatan yang sama tidak akan datang dua kali.” Berbagai pengalaman menarik ditemui dan dilewatinya disalah satu daerah terpencil dan terluar dari Indonesia tersebut. Bertemu teman-teman baru satu tim yang berbeda provinsi dan bersosialisasi dengan masyarakat mentawai  merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Aktif di berbagai aktifitas, kegiatan dan organisasi tidak menghalangi prestasi perkuliahan. Yozi menyelesaikan studinya di Universitas Andalas selama 4 Tahun 4 bulan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,51 dengan predikat Sangat Memuaskan. Hingga saat ini Yozi masih terus berkegiatan, berjuang dan berusaha untuk memperbaiki diri utuk orang tua, masyarakat, bangsa dan Negara.

 Humas dan Protokol Unand 

 

Read 1394 times