Muhammad Nurfajri

  • + Prodi: Ilmu Sastra Jepang
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Muhammad Nurfajri yang akrab disapa Fajri atau lebih dikenal dengan Ajik, lahir pada tanggal 22 Agustus 1994 di Padang, anak keempat dari empat bersaudara dari pasangan Noerminton Said dan Asmaniar. Saat ini Fajri telah menyelesaikan studi di Fakultas Ilmu Budaya Prodi Sastra Jepang dengan bidang kajian Linguistik. Dalam riwayat pendidikan yang pernah ditempuh, ia mengenyam pendidikan bangku sekolah di SD N 09 Parak Pisang, SMP N 9 Padang dan SMA Kartika 1-5 Padang.

Mengawali kiprahnya, Fajri mulai berorganisasi di AMA (Asosiasi Mahasiswa Asrama) sebagai staf PSDM pada tahun 2012 hingga 2013, setelah itu ia juga masuk Forum Studi Islam Fakultas Ilmu Budaya atau dikenal sebagai FSI FIB. Ketika baru masuk FSI FIB, ia diamanahkan di bidang Kestari (kesekretariatan). Pada tahun 2014 ia diamanahkan sebagai Ketua Umum FSI FIB untuk satu tahun kepengurusan. Selain menjadi ketua umum FSI FIB, ia juga aktif di Nihonggo Gakuseikai (Nigakkai) atau lebih dikenal sebagai Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang, sebagai sekretaris PSDM, lalu sebagai anggota di KPSDM FKI Rabbani, dan Penanggungjawab Mentoring Agama Islam Fakultas Ilmu Budaya.

Tidak hanya berorganisasi, Fajri juga pernah mengikuti berbagai macam perlombaan bahasa Jepang dan berhasil mendapatkan juara, seperti Juara 3 Cerdas Cermat Perguruan Tinggi Bunkasai 13 Universitas Bung Hatta, Juara 2 Lomba Kanji Umum Bunkasai 3 Universitas Negeri Padang, Juara 3 Origami Contest Bunkasai 16 Universitas Bung Hatta. Selain itu, Fajri juga pernah juara 2 Debat se-Kota Padang bersama dua rekan lainnya dalam acara “Gebyar Muslim Hukum” yang diadakan oleh LPI FH Unand.

Pada Tahun 2015, Fajri pernah menjadi perwakilan Unand dalam memenuhi undangan khusus dari pemerintah Jepang melalui program JENESYS 2.0 (Japan-East Asia Network of Exchange for Student and Youths) pada tanggal 12-22 Januari 2015. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini merupakan hasil seleksi di Jurusan Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Negara jepang kepada mahasiswa dan siswa di beberapa negara Asia umunya dan juga untuk mempererat hubungan kerjasama Indonesia dan Jepang khususnya. Kegiatan ini juga memberikan kesemptan kepada peserta untuk tinggal bersama warga Jepang (Homestay) selama tiga hari.

Tahun 2016, Fajri mengikuti program Student Mobility yang diadakan oleh International Office Unand, yang mana program ini merupakan program student exchange yang dilakukan di berbagai Negara seperti Malaysia, Korea Selatan, Filipina, Vietnam, Jepang, U.K dan Jepang. Pada waktu itu Fajri memilih Jepang sebagai Negara tujuannya. Fajri mendapatkan kesempatan untuk belajar di Gifu University selama 30 hari dari tanggal 1 Oktober hingga 30 Oktober 2016. Banyak pengalaman-pengalaman dan nilai-nilai postif yang didapatkan selama berada di Jepang, baik dari segi pendidikan, teknologi, budaya, dan bahasa.

Pada wisuda I tahun 2017 yang diadakant anggal 25 Februari 2017, Fajri secara resmi berhasil menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar S.Hum (Sarjana Humaniora) serta mendapat penghargaan sebagail ulusan terbaik dari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas. Fajri percaya bahwa if you do more, get more jika seseorang melakukan sesuatu hal yang lebih, maka hasil yang diperoleh juga akan lebih. 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1120 times