Hasil Kelulusan SMMPTN Barat  Klik tombol ini untuk melihat Informasi Lengkap
Toggle Bar

Dahelmi

  • + Prodi: Biologi
  • + Status: Dosen Tetap
  • + Pendidikan Terakhir: Doktor

Prof. Dr. Dahelmi adalah salah seorang  dosen Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam (FMIPA) Universitas Andalas yang sukses melalui penelitian dan pengabdian masyarakatnya tentang serangga terlebih khususnya kupu-kupu. Saat ini beliau berusia 57 tahun dan telah menjadi dosen di Jurusan Biologi sejak tahun 1986, bahkan sekarang beliau telah menjabat sebagai Koordinator Study S2 dan S3 di Jurusan tersebut. Beliau orang yang sangat pintar dan cerdas. Beliau menyelesaikan studi S1 di Jurusan Biologi Unand sebagai wisudawan terbaik, dan melanjutkan S2 di ITB  Bandung, bahkan berkat penelitiannya tentang kupu-kupu beliau mendapatkan beasiswa  untuk menyelesaikan studi S3 di Jepang.

Dahelmi sendiri telah banyak melakukan penelitian mengenai kupu-kupu. Penelitian pertamanya yaitu penelitian nasional Hibah Bersaing sejak tahun 1998 dan beliau mulai merencanakan membuat taman kupu-kupu. Dan di tahun 2001 beliau kembali melakukan penelitian dari Jepang dan sejak saat itu beliau baru berhasil merealisasikan rencananya untuk membuat taman kupu-kupu. Beliau terus melakukan penelitian hingga akhirnya taman kupu-kupu tersebut beroperasi pada tahun 2012 yang diberi nama taman kupu-kupu Kandi di daerah Sawahlunto, Sumatera Barat. Namun taman kupu-kupu tersebut tidak bertahan lama karena satu dan lain hal. Meskipun begitu hal itu tidak menyurutkan semangat dosen kelahiran Batipuh ini. Beliau tidak putus asa dan terus berusaha.

Sampailah di tahun 2014 beliau kembali melakukan penelitian yang juga melibatkan mahasiswa-mahasiswa S2 nya, dan berencana akan mengembangkan Hutan Biologi menjadi taman anggrek kupu-kupu. Dan bahkan sekarang sudah proses kerja sama dengan pihak Unand untuk membuat butterfly garden di daerah lingkungan Unand yang akan berguna juga untuk penelitian-penelitian mahasiswa sendiri.

Selain penelitian Dahelmi juga melakukan pengabdian masyarakat sebagai bentuk aplikasi dari penelitiannya. Beliau telah membuka sebuah bisnis souvenir yang berhubungan dengan serangga terutama kupu-kupu di daerah Arau yang sampai sekrang masih beroperasi. Di sana kita dapat menemui souvenir-souvenir cantik berbagai jenis kupu-kupu dan serangga lainnya. Dari situlah dapat terlihat kecintaan beliau terhadap kupu-kupu sangat tinggi. Dan beliau sangat berharap cita-citanya untuk membuat butterfly garden di Unand bias terwujud.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1098 times