Hasil Kelulusan SMMPTN Barat  Klik tombol ini untuk melihat Informasi Lengkap
Toggle Bar

Zikra Delvira

  • + Prodi: Managemen
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Zikra Delvira merupakan anak dari pasangan Darmansyah dan Risnawati. Pada 2012 ia menyelesaikan pendidikan di SMA 2 Payakumbuh. Setelah itu ia tercatat sebagai mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Ditahun kedua ia mulai bergabung di Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Genta Andalas. Dengan melewati berbagai proses seleksi, ia resmi menjadi anggota sekaligus reporter di UKPM ini. Di Genta Andalas ia mendapatkan ilmu mengenai cara menulis liputan, feature, resensi, dan lainnya. 

Pada awalnya masih menulis tergantung mood, makin terdorong untuk terus belajar dan menulis semenjak berada di Genta Andalas. Di sana mempunyai kesempatan untuk mewawancarai berbagai orang dari kelompok profesi yang berbeda-beda dan dari berbagai bidang.

Pada tanggal 29 Januari – 1 Februari 2016 Zikra menjadi delegasi Universitas Andalas dalam pertemuan yang diadakan oleh Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia dalam kegiatan Dies Natalis PPMI XXIII. Pertemuan ini berlangsung di Universitas Muhammadiyah Semarang.

Disanalah ia dapat bertemu dan berdiskusi dengan pers mahasiswa dari berbagai provinsi. Baginya hal itu merupakan kesempatan yang berharga dimana ia dapat mengetahui lebih  dalam tentang isu-isu yang sedang berkembang, serta melihat semangat dan cara berpikir mahasiswa di luar Sumatera Barat khususnya pers mahasiswa. 

Sebelum di UKPM Genta Andalas ia memulai dengan menjadi anggota di UKMF Lembaga Kajian Ekonomi Islam (LKEI) Fakultas Ekonomi. Ia tertarik untuk bergabung karena baginya iklim ukhuwah terasa kental di sini. Selain organisasi intra kampus, ia juga berkesempatan tergabung di komunitas ekstra kampus yang masih bergerak di bidang kepenulisan yaitu Forum Lingkar Pena (FLP) Sumbar. 

Di komunitas ini ia bertemu dengan banyak penulis muda dari Sumbar yang penuh semangat dan motivasi, serta mendapatkan tips dan trik dalam menulis. Tak hanya bergerak di bidang kepenulisan, FLP Sumbar juga aktif melakukan pengabdian masyarakat dan digaet oleh Badan Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dalam mengangkat acara, salah satunya ialah Parade Literasi Sumatera Barat 2016. 

Beberapa kepanitiaan yang telah diikutinya antara lain Pekan Junalistik VI, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar X dan XI, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional III yang diadakan oleh UKPM Genta Andalas. Serta ikut serta dalam kepanitiaan Temu Ilmiah Regional Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (Temilreg FoSSEI) Sumbagteng pada 2014 yang diadakan olek LKEI FE UA. Ia juga sempat berpartisipasi menjadi panitia di beberapa acara yang diadakan oleh himpunan mahasiswa (HIMA) Manajemen, antara lain Management Goes To School, pengabdian masyarakat dengan tajuk Peduli Kakak Asuh, serta Andalas Management Festival.

Bagi Zikra, organisasi tidak hanya mengajarkan mengenai skill pada passion tetapi juga mendapatkan teman baru, ilmu berorganisasi, cara bekerja sama dalam tim, manajemen resiko, cara berkomunikasi, dan lainnya. Di organisasi ia juga belajar bahwa lebih baik untuk berfokus pada solusi, bukan pada masalah.

Humas dan Protokol Unand

 

 

 

Read 1004 times