Rizky Akbar

  • + Prodi: Teknik Elektro 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

“Jarak antara dirimu dan impianmu hanyalah dibatasi oleh usaha, ya, hanya usaha, usaha yang diiringi do’a dan tawaqqal”. Itulah salah satu kata-kata penyemangat yang digunakan oleh Rizqi Akbar, seorang mahasiswa Teknik Elektrob Universitas Andalas, dalam mencapai satu persatu prestasi dan juga impiannya. 

Rizqi Akbar akrab disapa Rizqi, lahir di Padang, 30 Mei 1994, merupakan anak kedua dari 4 bersaudara. Rizqi merupakan alumni Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas angkatan 2012 yang meraih penghargaan Bintang Aktivis Kampus pada wisuda IV Universitas Andalas pada tanggal 26 November 2016 lalu.

Terpilihnya alumni SMAN 3 Padang ini sebagai Bintang Aktivis Kampus, tidak terlepas dari organisasi dan perstasi yang telah diikuti dan dicapainya selama empat tahun mengikuti perkuliahan di Universitas Andalas. 

Ia aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran Universitas Andalas semenjak tahun 2013 hingga 2016. Pada kepengurusan UKM Penalaran periode 2013-2014, ia menjabat sebagai kepala divisi hubungan masyarakat (humas). Berlanjut pada periode kepengurusan berikutnya, ia diamanahkan menjadi Ketua Umum periode 2014-2015. Disamping itu, ia juga bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Fakultas Teknik Universitas Andalas sebagai anggota divisi keprofesian periode 2014-2015 dan 2015-2016.

Selain aktif di organisasi, ia juga aktif mengikuti kegiatan sebagai perwakilan Unand dalam berbagai perlombaan. Di tahun pertama berkuliah, ia berhasil menjadi Finalis 10 besar pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Penalaran Festival #2 Tingkat  Nasional, yang diadakan pada 25-27 April 2013 di Universitas Andalas. 

Setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 4-10 Mei 2014, ia mewakili UKM Penalaran untuk ikut serta pada program Pengabdian Masyarakat Realisasi Penelitian IV (Pengmas Realita IV) yang dilaksanakan oleh Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI), di Pulau Panjang, Kota Serang, Banten.

Tidak cukup sampai disitu saja, ketertarikan dan minatnya dalam karya tulis ilmiah, membawanya menjuarai beberapa lomba tingkat nasional. Mahasiswa angkatan 2012 ini pernah membawa team-nya menjuarai Lomba Inovasi Teknologi “Innovation Championship 2015” tingkat Nasional yang diadakan pada tanggal 14-18 April 2015 di Universitas Negeri Padang dengan memperoleh peringkat ke-3. Selanjutnya pada 30 April 2015, Rizqi meraih Juara 1 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Indonesian Energy Innovation Challenge 2015 tingkat Nasional, 28 – 30 April 2015 di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Utara.

Bertepatan di tahun yang sama, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) mendukung secara finansial penelitian yang dilakukan oleh Rizqi dan timnya pada Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2015. Melalui pendanaan penelitian ini ia membuka lebih panjang lagi jalan prestasinya dengan terpilihnya ia bersama timnya yang mengusung karya “Pembangkit Listrik Thermoelektrik” dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-28 yang dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Ia bersama timnya mewakili Universitas Andalas dan berhasil meraih Medali Emas pada kategori Poster dan Pameran Produk PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Medali emas ini merupakan perolehan medali emas pertama bagi Unand sejak 6 tahun lalu, karena Unand meraih medali emas PIMNAS terakhir pada tahun 2009. Di tahun akhir sebagai mahasiswa Universitas Andalas, Rizqi berhasil meraih juara harapan 1 pada kompetisi Mahasiswa Berprestasi program Kementrian RISTEKDIKTI tingkat Universitas Andalas tahun 2016.

Tidak cukup mencari pengalaman dan prestasi di tingkat universitas dan nasional, ia juga berusaha menambah kapasitas dan mengasah kemampuan diri dengan mengikuti event berskala internasional. Pada 13-17 Januari 2016 ia juga menjadi perwakilan Unand dalam mengikuti kegiatan Asia Pacific Youth Exchange (APYE) 2016, program kerjasama antara Asian Development Bank (ADB) dengan sebuah NGO Urban Youth Academy (UYA) di Manila, Philippina. Kegiatan ini membahas dan mendiskusikan peran pemuda se-Asia Pasific dalam menghadapi Sustainable Development Goals (SDG’s)

Selanjutnya di bidang ilmiah, pada tanggal 24-27 Mei 2016 lalu, ia mempresentasikan hasil penelitiannya dalam kegiatan International Conference on Environment and Renewable Energy (ICERE) 2016 bertempat di Munchen, Jerman, yang diadakan oleh International Scientifc Journal. Rizqi menjadi perwakilan Unand, Kota Padang, dan juga Indonesia pada kegiatan tersebut. ICERE merupakan forum pertemuan antara peneliti, akademisi, dan industri yang bertujuan untuk mempromosikan perbaikan lingkungan dan membahas pengembangan energi terbarukan yang berkelanjutan agar dapat diimplementasikan sebagai sumber energi terbarukan yang berdaya saing ekonomi tinggi. Pada kegiatan ini, ia mempresentasikan poster ilmiahnya yang berjudul “Alternative Method in Utilizing Solar Thermal Energy to be Electricity by Using Thermoelectric Generator”, sebuah pembangkit listrik yang mengubah energi panas/termal matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan komponen termoelektrik.

Aktif dan berprestasi di tingkat universitas, nasional dan internasional tidak menghalangi jalannya untuk memiliki nilai akademis yang baik. Rizqi menyelesaikan studi selama 4 tahun 3 bulan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,28 yang dikategorikan sangat memuaskan. Hingga saat sekarang ini, Rizqi masih terus melakukan pengembangan penelitiannya agar suatu saat hasil penelitiannya tersebut dapat diterapkan dan digunakan oleh masyarakat. Selain itu, Ia selalu berjuang, berusaha dan berlatih untuk meningkatkan kemampuan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi sehingga dapat mengabdi dan bermanfaat bagi negeri.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 1480 times