Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Hafis Putra

  • + Prodi: Ilmu Peternakan 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2011

Hafis Putra merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Peternakan Universitas Andalas Tahun 2011. Pemuda yang biasa di panggil Hafis ini  lahir di padang pada tanggal 22 Desember 1993. Hafis lahir dari  pernikahan ayahanda Ramli.S (Alm) dan ibunda Fatmiwita S.P. 

Hafis terlahir menjadi pemuda Indonesia dengan 2 suku turunan.  Ayahanda hafis diwariskan suku Lubis (Mandailing) dan diwariskan suku Tanjung (Minang) dari garis keturunan Ibunda nya. Ayahanda berasal dari desa pertanian di Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman Timur serta Ibunda berasal dari desa Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam.

Sejak kecil Hafis sudah suka untuk melakukan banyak kegiatan di sekolah, ia juga sudah punya cita – cita untuk menjadi pemimpin di Provinsi Sumatera Barat ini. Ternyata jiwa berorganisasi nya merupakan turunan dari ayahanda yang telah beroganisasi sejak muda, dibuktikan beliau pernah menjadi ketua pemuda di desa terpencil daerah Rao Pasaman Timur. 

Semangat organisasi dan berkegiatan ekstrakurikuler ia geluti mulai dari SD hingga SMA. Diantaranya drumband, Sekretaris OSIS, koordinator PSDM OSIS, dan Sepak Bola. Ia juga  pernah menjadi delegasi tim sepak bola pelajar Pasaman Barat untuk mengikuti liga Pelajar Nasional di Padang pada tahun 2010.

Pada tahun 2011, Hafis diterima di Fakultas Peternakan Prodi Ilmu Peternakan Universitas Andalas melalui jalur SNMPTN. Semangat beroganisasi  masih bergebu gebu pada jiwanya. Dibuktikannya dengan menjadi pengurus di bagian PSDM pada Himpunan Mahasiswa Pasaman Barat pada tahun 2011/2012.  Tidak sampai disitu, Hafis mencoba lebih mengupgrade diri, ia bergabung dengan salah satu UKM tingkat Universitas yaitu Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Andalas (MAPALA UNAND).

 Bergabungnya Hafis di MAPALA UNAND diawali dengan kegiatan Pendidikan Dasar Mapala Unand  (PDM MU) 2012 dan kemudian dilantik Menjadi Anggota Muda bersama dengan peserta lainnya. 

Berbagai prestasi ukir selama berkecimpung di dunia kepencinta alaman Indonesia di coba oleh Hafis.  Di awal bergabung dengan Mapala Unand, Hafis mengikuti lomba lintas alam wisata bareh solok di Kota Solok. Walaupun belum mendapatkan predikat juara, namun inilah titik awal Hafis untuk mengaumkan diri di dunia kepencinta alaman Indonesia. Semangat berprestasi tetap ia pupuk.  Pada tahun 2013, Hafis dipercayakan organisasi untuk menjadi Ketua Ekspedisi Eksplorasi dan Pemetaan Gua di Kenagarian Sisawah Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat. Dilanjutkan pada tahun yang sama, ia  mengikuti berbagai kegiatan kepanitian yang ada di Mapala Unand. 

Pada tahun 2014 Hafis mendapat 2 gelar juara pada perlombaan bergengsi diantaranya juara 3 pada perlombaan lintas alam pagaruyung tingkat nasional pada bulan Mei, dan juara 1 umum pada perlombaan lintas alam wisata Ngarai Sianok tingkat nasional di Bukittinggi pada bulan Juni. 

Hafis menjadi Pengurus Harian Mapala Unand periode 2014/2015 di bagian Bidang Teknik Operasional Divisi. Dalam menjalankan tugas dikepengurusan, ia pernah menjadi pengiring ekspedisi pembukaan jalur sisi utara Gunung Marapi di jalur desa Kacawali kabupaten Agam, saya juga pernah bergabung di tim ekspedisi pembersihan jalur Gunung Singgalang – Tandikek via Balingka – Air terjun Lembah Anai Padang Pariaman Sumatera Barat.  Selain itu juga Hafis sering kali untuk di minta menjadi pemateri ilmu-ilmu bebas dan manajemen organisasi. Terbukti dengan menjadi pemateri pada UKM Pramuka dalam Navigasi Darat ,Teknik Dasar Arum Jeram Sumbar yang diadakan oleh Faji Sumbar serta menjadi pemateri dalam memberikan materi Rescue Korban Banjir. 

Pada tahun 2015, Hafis di beri kepercayaan oleh semua anggota Mapala Unand menjadi Ketua Umum pada Kepengurusan Periode 2015/2016 secara musyawarah mufakat (tanpa voting) pada MUBES MU 2015. Di awal kepengurusannya, Mapala Unand berhasil meraih peringkat 3 tingkat mahasiswa Intenasional Slalom dalam perlombaan Internasional Rafting Championship di Desa Ketambe Aceh 2015. Selain itu, Hafis juga mengadakan kegiatan Panjat Tebing yang diberi nama Mapala Unand Climbing Competition pada Tahun 2016. 

Tidak hanya sampai disitu, demi mengangkatkan Eksistensi Mapala Unand dan Universitas Andalas di mata nasional, Hafis mewakili Mapala dan Universitas Andalas melakukan pembentukan Trustee Meeting Indonesia Maritime Challenge di Surabaya. Dan juga Hafis menjalin kerjasama bersama Produsen Eqiupment Outdoor terbesar di Indonesia yakni PT. EIGER untuk melaksanakan seminar nasional yang mengangkat tema “ Sharing and Session Management Expedition. 

Diakhir Kepengurusannya, Hafis mencoba mengkibarkan bendera Mapala Unand  pada jalur Pengabdian Masyarakat demi menunaikan visi dan misi Universitas Andalas dengan membentuk kegiatan Operasi Katarak Gratis bagi masyarakat Payakumbuh dan Lima Puluh Kota di Provinsi Sumatera Barat yang akan dilaksanakan di bulan Desember 2016 nanti.

Selain didunia keorganisasian, Hafis juga turut ikut serta menjadi asisten labor pada mata Kuliah Kimia Terapan. Ia juga sangat suka untuk menghadiri berbagai macam seminar dunia Peternakan dan Pertanian. 

Berorganiasi dan berolah raga membuat Hafis bahagia. Seakan akan hasratnya terpenuhi. Rasanya jika pemuda ini menghabiskan hari – hari dengan hanya duduk, atau melakukan hal – hal yang tidak bermanfaat ia merasa rugi untuk dilahirkan kedunia ini. Selama berkegiatan mulai duduk di bangku sekolah dasar hingga di universitas, hafis memahami banyak hal-hal  yang harus disiapkan untuk merah cita-cita. Selama berorganisasi dan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Hafis sadar, bahwasanya tidak ada hal yang lebih membahagiakan dari pada saat kita bisa berbagi dan melakukan hal yang bermanfaat untuk orang-orang sekitarnya. 

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 1227 times