Fifeka Onanda Wahid

  • + Prodi: Sistem Informasi
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Fifeka Onanda Wahid, Biasanya Dipanggil ona. Lahir di Padang pada tanggal 03 Juni 1994. Ia merupakan mahasiswa Jurusan Sistem Informasi angkatan 2012. Anak ketiga dari pasangan Syafruddin Wahid dan Solfema ini sebelumnya menempuh pendidikan SD Percobaan Padang, SMP 1 Malang, serta SMA 1 Malang.

Mahasiswi yang mendapatkan predikat lulusan terbaik ini tidak hanya fokus pada perkuliahannya saja, namun juga aktif di organisasi dan beberapa aktivitas lainnya. Ia merupakan Anggota UKM AIESEC Unand, yakni UKM yang bergerak pada pengembangan potensi kepemimpinan anak muda. 

Selama aktif di AIESEC, Ona telah memegang beberapa jabatan seperti OGX GIP Manager dan Organizing Committee President of Exchange Fair. Ia pun telah mengikuti konferensi nasional AIESEC di Surabaya dan Jogjakarta. Terakhir ona diberikan kesempatan untuk mengikuti program exchange di Shanghai, Cina. 

Di sana ia belajar untuk dapat beradaptasi untuk menjadi global citizen karena ia diharuskan untuk bekerjama sama dengan berbagai orang, dengan berbagai latar belakang, yang datang dari berbagai negara.

Selain aktif di AIESEC Ona juga merupakan seorang Asisten pada Laboratorium Pemograman Basis Data yang saat ini telah berganti nama menjadi Laboratorium Enterprise Application. Jabatan terakhirnya adalah Koordinator Bidang Pelatihan dan Pengabdian. 

Tidak hanya aktif di organisasi, Ona juga mengikuti beberapa kegiatan dan kepanitian. Hal ini dilakukannya untuk menambah Skill dan pengalaman yang dimilikinya serta sebagai baktinya masyarakat. Ia pun beberapa kali menjadi pemateri di bidang kepemimpinan dan juga di bidang sistem Informasi. Ia telah mengikuti sekitar belasan kepanitian dengan berbagai tema dan tipe acara. Ia bersyukur dengan kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.

Walaupun memiliki berbagai kesibukan Ona tetap berusaha keras untuk menjaga IPK serta meningkatkan pengetahuannya. Ia yakin ilmu tidak hanya didapatkan di bangku perkuliahan. Karena usahanya ia berhasil memenangka lomba hackathon - lomba membuat perangkat lunak dalam waktu 24 jam yang diadakan oleh ISCE (information system’s celebration and event) 2016. 

Selain itu Ona mendapatkan Beasiswa PPA pada tahun 2013 dan Beasiswa dari Djarum Foundation pada tahun 2014. Dengan Beasiswa Djarum Foundation ia dapat bertemu dan bekerjasama dengan ratusan mahasiswa berprestasi dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kelulusannya pada Wisuda IV tahun 2016 dipercayanya bukanlah suatu akhir perjuangan, namun merupakan sebuah awal. Ia berharap dapat berbakti dan mengabdi kepada masyarakat lebih baik lagi. Ia juga mengucapkan terimakasih atas didikan orangtuanya yang telah membentuknya menjadi seperti sekarang ini.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 928 times