Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Unand Gelar Workshop PKM

22 Agustus 2016

Dalam rangka meningkatkan kualitas minat, bakat dan kreativitas mahasiswa, Universitas Andalas menggelar workshop Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Senin (22/08) di Convention Hall Kampus Unand Limau Manih Padang.

Workshop yang bertajuk “Explore Your Ideas and Show Up Your Creativity” ini mendatangkan narasumber Drs. Bandung Arry S, MIKomp staff ahli PKM Kemenristekdikti RI, Dr. Ir. Sugeng Santoso, M. Agr Kepala Subdirektorat Minat Bakat dan Penalaran IPB, dan Dr. Eng Rahmadi Kurnia Pembina Tim PIMNAS Unand.

Wakil Rektor III Unand Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc menyadari tingginya tuntutan masyarakat terhadap kualitas lulusan mahasiswa yang siap mengantisipasi arah perkembangan bangsa, maka berbagai hal telah dilakukan oleh Kemenristekdikti RI salah satunya melalui Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PKM merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di perguruan tinggi agar kelak menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan baik dibidang akademis ataupun professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan serta memperkaya budaya nasional.

Ia berharap dengan acara  workshop PKM ini mampu menularkan kepada mahasiswa Unand mendapatkan gambaran bagaimana strategi dimulai penulisan proposal, pelaksanaan dan ujungnya mampu lulus di PIMNAS sehingga mahasiswa Unand mampu bersaing dengan mahasiswa dari universitas-universitas lain.  

Drs. Bandung Arry S, MIKomp membahas materi strategi memenangkan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), ada berbagai jenis dari PKM diantaranya PKM-Penilitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI).

“Ada beberapa kriteria umum dalam PKM yakni inti kegiatan, materi kegiatan, strata pendidikan, jumlah anggota, alokasi pendanaan, laporan akhir dan luaran dari masing-masing bidang kegiatan,”ujarnya.

Selain itu penyebab dari tidak lulus penilaian pra evaluasi diantaranya format dan administrasi tidak lengkap, isi proposal tidak sesuai dengan program, topik sudah sangat umum dan permasalahan kemitraan.

Disamping itu, Dr. Ir. Sugeng Santoso, M. Agr menjelaskan tentang mencari jalan menuju PIMNAS, langkah-langkah yang dihadapi menuju PIMNAS diantaranya persiapan SDM, sosialisasi dan internalisasi, ciptakan proposal yang berkualitas, pelaksanaan, Monev dan upaya lainnya.

Ia menambahkan teknik penyusunan proposal yang kreatif dan inovatif harus mengandung unsur ide yang kreatif, menuangkan ide yang kreatif kedalam sebuah kalimat efektif yang menarik dan jadikan sebagai judul proposal PKM, disamping itu pilihlah dosen pembimbing yang sesuai, konsultasikan semaksimal mungkin proposal yang dibuat dengan konsep pembimbing yang sudah dipilih dan perhatikan rambu-rambu serta aspek penilitian.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 1065 times