Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Unand Adakan Pelatihan Karakter Andalasian

13 Jun 2016

Universitas Andalas kembali mengadakan Pelatihan Karakter Andalasian bagi mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 pada Senin (13/06) di Gedung Auditorium Universitas Andalas Kampus Unand Limau Manih Padang. Pelatihan ini akan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Unand yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.

Henmaidi, PhD Ketua tim Trainer Karakter Andalasian mengatakan pelaksanaan Karakter Andalasian terdiri dari enam gelombang. Untuk gelombang I ini diikuti sebanyak 984 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas  MIPA, Fakultas Peternakan dan Fakultas Teknik.

Ia menambahkan untuk gelombang I dan II diperuntukan bagi mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN, gelombang III dan IV untuk jalur SBMPTN dan gelombang V dan VI untuk jalur Mandiri. Setiap gelombang, pelatihan dilaksanakan selama 2 hari. Pelatihan ini akan berakhir di bulan Agustus. 

Adapun jadwal pelaksanaan Karakter Andalasian gelombang II pada 15-16 Juni, gelombang III pada 16-17 Juli, gelombang IV 18-19 Juli, gelombang V pada 04-05 Agustus, sedangkan gelombang VI pada 06-07 Agustus.  

“Untuk trainer Karakter Andalasian ini berasal dari dosen-dosen Universitas Andalas yang juga telah mengikuti ToT dan berkompeten dibidangnya,”tambahnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Tafdil Husni mengatakan bahwa mahasiswa yang lulus di Universitas Andalas merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan, karena dari 30.000 lebih calon mahasiswa yang mendaftar di Unand, hanya 5.300 mahasiswa yang akan diterima.

Rektor menginginkan kepada setiap mahasiswa untuk tidak mengecewakan orang tua, bahagiakanlah orang tua dengan prestasi dan menyelesaikan studi tepat waktu.

Ia mengatakan tujuan diadakan Karakter Andalasian agar mahasiswa Unand mempunyai karakter serta membentuk watak dan kepribadian yang digunakan untuk berfikir, bersikap, bertindak dan mengambil keputusan didalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya akan banyak pengetahuan dan ilmu yang akan diberikan oleh tim trainer Karakter Andalasian.

“Ikutilah pelatihan ini dengan maksimal dan sungguh-sungguh, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak mengikuti pelatihan karakter ini,”tegasnya.

Disisi lain, Fajri mahasiswa Pertanian mengaku banyak mendapatkan hal-hal baru selama mengikuti pelatihan ini. “Ini juga pelatihan karakter yang pertama ia ikuti,”katanya.

Ia berharap dengan mengikuti pelatihan Karakter Andalasian ini dapat merubah sikap maupun kepribadian mahasiswa Unand menjadi lebih baik.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1300 times